Breaking News

Mengenal Kades Burangkeng Sukses Kembangkan Bisnis Mini Market Milik BUMDes


INIJABAR.COM,  Kabupaten Bekasi--Guna mengembangkan potensi ekonomi desa, Desa Burankeng, Setu Kabupaten  Bekasi, Jawa Barat,  melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kini telah memiliki minimarket sendiri.

Burangkeng Citra Mandiri  (BCM) Mart, dikelola oleh BUMdes, beroperasi sejak tahun 2016. BCM Mart setidaknya telah sukses menggeser keberadaan Alfamart di desa itu.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin, ditemui inijabar.com, dihari pertama masuk kerja setelah cuti, dalam rangka Pilkades serentak, mengatakan BUMdes, bernaung di bawah PT Burangkeng Citra Mandiri, sebagai badan hukumnya.

"PT. BCM, adalah perusahaan pemerintah desa yang mengelola BUMdes dari desa untuk desa. Tidak ubahnya seperti BUMN dan BUMD hanya klasifikasinya yang berbeda,"papar Namin.

Menurutnya, BUMdes, Burangkeng, saat ini telah memiliki beberapa unit kerja dengan membawahi perusahaan seperti CV dan PT yang beroperasi di desa seperti pengelolaan air bersih, dan lainnya dalam mengembangkan potensi desa.

Setiap akhir tahun, lanjutnya BUMdes, akan memberi laporan pertanggungjawaban dimana keuntungan dana dari usaha yang dikelola BUMdes, akan disetor kepada desa setelah gaji karyawan dan lainnya diselesaikan.

" BUMdes akan melaporkan keuntungan dan kerugian ke desa sebagai bentuk pertanggungjawaban, jika ada keuntungan akan disetor dan menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD). Alhamdulillah PAD Desa Burangkeg, setiap tahunnya bisa mencapai Rp.400 jutaan,"ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini.

Dalam rangka pengembangan dia menambahkan, BUMdes, terbuka untuk menerima investasi dari luar. Tetapi mekanismenya dengan membeli saham dan harus tunduk dan patuh dengan aturan desa.

Desa Burangkeng juga, dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakatnya, sudah memberikan berbagai pelatihan, seperti pelatihan las, Salon dalam memberdayakan keterampilan menyasar pada anak putus sekolah.

"Diperiode kedua ini, disamping terus mengembangkan potensi BUMdes, akan fokus memperbaiki ekonomi kerakyatan. Jangan sampai infrastruktur bagus tetapi ekonomi rakyat anjlok,"pungkas dia.(min)

Tidak ada komentar