Breaking News

Dinas LH Kabupaten Bandung Barat Gelontorkan Rp1,2 Miliar Untuk Beli 3 Truk Sampah



INIJABAR.COM, Kabupaten Bandung Barat -  Guna meningkatkan pelayanan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat melakukan peremajaan tiga unit truk sampah yang dinilai tak layak pakai.

Kepala DLH KBB, Apung Hadiat Purwoko, mengatakan,  ketiga mobil truk ini berasal dari APBD murni 2018, dengan total biaya Rp 1,2 miliar atau setara Rp 400 juta per unit.

"Truk sampah yang baru ini dibekali inovasi baru, semisal tabung penampung air lindi ( cairan yang merembes ke bawah dari tumpukan sampah) sehingga lebih sehat dan tidak mengganggu kenyamanan bagi pengguna jalan serta masyarakat yang dilintasi truk tersebut," katanya di Ngamprah, Senin (3/9/2018).

Apung juga menyebut truk sampah yang lama tetap akan diperbaiki dan dipakai sebagai cadangan jika ada truk sampah yang bermasalah.

Penjabat Bupati Bandung Barat, Dadang Mohamad Masoem mengakui bahwa peremajaan unit pengangkut sampah ini memang sangatlah perlu guna mengoptimalisasikan pelayanan pada warga masyarakat.

"Saya lihat ini skala prioritas pemerintah daerah dalam mengembangkan pembangunan masyarakat lewat pelayanan prima," ujarnya.

Peremejaan tiga unit truk sampah, kata Dadang memang masih kurang, mengingat volume sampah Bandung Barat yang cukup banyak. Tetapi, dia menyebut harus sesuaikan kemampuan dengab anggaran pemda.

"Soal kendaraan dinas saya merujuk pada Singapura yang membatasi penggunaan kendaraan hingga usia 5 tahun. Jadi, ketika sudah usia maksimal itu ya harus diremajakan, sehingga anggaran perawatan dan perbaikan bisa berkurang," ucapnya.

Tidak ada komentar