Bupati Indramayu Raih Penghargaan Komitmen Pada Perubahan Iklim

Redaktur author photo
Bupati Indramayu, Hj.Anna Sophan saat menerima penghargaan dari Kementerian LHK

INIJABAR.COM, Indramayu- Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas kepeduliannya pada pembinaan Proklim (kampung iklim) terhadap masyarakat, kelompok, dan swasta di Kabupaten Indramayu. Rabu (24/10/2018).

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan KLHK untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia sangat komitmen untuk membentuk kampung iklim ini dengan menggerakan berbagai kelompok-kelompok masyarakat dan pihak swasta untuk bisa adaptasi terhadap perubahan iklim.

“Terhadap komitmen itu, kami dari KLHK memberikan apresiasi terhadap bupati/walikota yang sangat peduli tersebut. Untuk tahun ini kami berikan kepada 9 gubernur dan 41 bupati/walikota di seluruh Indonesia,” tegas Siti Nurbaya.

Sementara itu, Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah mengatakan, Kabupaten Indramayu terus mengembangkan beberapa kampung iklim. Hal ini karena perubahan cuaca terus terjadi dan perubahan lingkungan terus mengintai kondisi masarakat Indramayu.

 “Kita upayakan untuk terus memperbanyak dan memperluas kelompok-kelompok peduli iklim dan lingkungan agar dampaknya semakin dirasakan oleh masyarakat Indramayu. Saat ini kami baru memiliki Bank Sampah Eretan Kulon yang bermitra dengan PHE ONWJ, CBO Ibu Tien Berseri Desa Tinumpuk yang bermitra dengan PT. Polytama, dan Kelompok Tani Buana Mukti Sliyeg,” kata Anna. (Sai)
Share:
Komentar

Berita Terkini