Breaking News

Dinkes Purwakarta Juga Bingung Limbah Alat Medis Kok Dibuang Ke Sungai


INIJABAR.COM, Purwakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta dan Camat Purwakarta yang didampingi Lurah Munjul Jaya, Babinsa dan Babinkamtibmas menyelidiki kasus pembuangan limbah medis di kawasan Sungai Ciherang Kelurahan Munjul Jaya. Karena itu, Dinkes menggandeng Unit Tipiter Polres Purwakarta.

Tumpukan limbah medis dibungkus kantung plastik besar itu sampai saat ini belum di temukan siapa dan dari mana.

Kasi Penyehatan Lingkungan Dinkes Purwakarta, Iman Munadjat, menegaskan, limbah medis tidak boleh dibuang sembarangan. Apalagi dibuang ke area sungai yang mengalir ke Citarum karena mengandung bakteri hingga virus berbahaya.

"Ini akan kita telusuri dan kejar sampai ke sumbernya, tidak bisa dibiarkan. Mereka harus tanggung jawab biar tidak mengulangi perbuatannya. Kita juga bekerjasama dengan Tipiter Polres Purwakarta," ujarnya. Selasa (2/10/2018).

Apa bila terbukti, sambung dia, ada rumah sakit, Puskesmas dan Klinik di wilayah Purwakarta yang sengaja buang limbah medis sembarangan, akan ditindak tegas dengan mencabut izin prakteknya.

Sebelumnya, warga yang beraktifitas di Minggu pagi (1/10/2018), menemukan sejumlah tumpukan plastik hitam/ karung berisi limbah medis di sungai Ciherang, kelurahan Munjul Jaya, Kecamatan Purwakart. Limbah medis yang berceceran pun beragam, mulai dari jarum suntik bekas,obat obatan hingga serum.

Kanit Tipiter, Iptu Budi Suheri. mengatakan, ini adalah sebuah kejahatan lingkungan yang akan ditindak lanjuti.

"Kami akan bawa barang bukti penemuan Limbah Medis ini untuk upaya pengembangan penyelidikan dan penyidikan. Mengenai sanksi pidana kami akan menggunakan uu no 32 Tahun 2009 dan uu yang terkait lain nya." pungkas Budi Suheri. (Cep's)

Tidak ada komentar