Breaking News

Disdamkar Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran


INIJABAR.COM, Kabupaten Bekasi - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi memberikan pembekalan dan pencegahan kebakaran pada warga di setiap desa.

Kasie Institusi Peran Masyarakat di Disdamkar Kabupaten Bekasi, Harno mengatakan, pihaknya gencarkan sosialisasi di berbagai desa dengan sasaran langsung masyarakat perdesaan, yang bertujuan pencegahan terjadinya kebakaran  dan antisipasi.

"Makanya diadakan sosialisasi supaya paham cara mengatasi kebakaran dan antisipasinya dan juga warga bisa tau gimana menghubungi petugas Damkar," ucap Harno saat diwawancarai di Kantor Desa Tridaya Sakti, usai acara.



Pada penyuluhan tersebut, kata dia, masyarakat diajarkan bagaimana bisa menangani permasalahan bahaya kebakaran, evakuasi sarang tawon, kemudian orang yang tenggelam juga bisa diselamatkan.

Jika masyarakat meminta bantuan pihaknya bisa mengatasi itu semua, katanya yang terpent berikan informasi secepatnya kepada pihaknya.

"Tujuannya kalau terjadi kebakaran supaya cepat padam, jangan sampai membesar, makanya diadakan sosialisasi ini tujuannya agar masyarakat paham seperti apa bahaya kebakaran itu makanya kita adakan praktek dan sosialisasi agar masyarakat paham," terangnya.

Dan dirinya meminta kepada pihak desa untuk menyediakan Alat Pemdam Ringan (Apar) di setiap Rukun Tetangga untuk antisipasi dan pencegahan dini.

"Selain Apar alat tradisional juga bisa untuk memadamkan api,seperti karung goni, selimut, handuk itu bisa memadamkan api yang masih kecil, jika apinya besar dan apar tidak bisa, masyarakat bisa langsung hubungi pemadam, untuk nomor pemadam yang bisa dihubungi 113, 88336732 juga bisa," tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tridaya Sakti Suwardi Wada mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemadam Kebakaran menurutnya itu sangat berguna bagi masyarakatnya.

"Kegiatannya bagus, jadi masyarakat kita jadi tau bagaimana memadamkan api jika kompor keluar api dan jadi pahamlah antisipasi atau caranya bahaya kebakaran," tuturnya. (Mam)

Tidak ada komentar