Breaking News

Hari Kedua "Ngopi Saraosna" di Gedung Sate Bandung Tampilkan Kopi Khas Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil perkenalkan kopi khas Jawa Barat


INJABAR.COM, Bandung – Hari kedua acara Ngopi Saraosna Vol 6 di Gedung Sate ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya. Dalam diskusi Jumat Kemarin (12/10/2018) Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, acara ini bakal menjadi momentum bagi kopi asal Jawa Barat bisa mendunia.

Gubernur juga berkeinginan membentuk Forum Kopi Jabar, yang berisikan para petani, pedagang, pegiat, sampai akademisi, untuk membahas permasalahan kopi dan solusinya, dari A sampai Z.

”Kami menginginkan para petani memiliki teknologi canggih dan ilmu dagang yang hebat, dan saya tidak mau petani jadi petani yang tidak sejahtera kalah oleh broker atau penjual-penjual di sistemnya,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, pihaknya menargetkan program tersebut jalan dalam waktu tiga tahun. Dia akan mendorong pemasaran kopi di Jabar sampai dunia.

”Kami tahu selama ini demand untuk kopi ini tinggi di dunia. Kuncinya, bagaimana semua pihak sejahtera, mulai dari petani sampai yang punya cafe,” ungkapnya.

Para petani pun, lanjutnya, harus mulai menggarap pemasaran secara dalam jaringan (daring/online) di berbagai pasar online. Dengan demikian, pasar internasional akan terbuka lebar.

”Nah Jawa Barat karena sejarahnya dulu penghasil kopi, lima tahun ke depan harus dibangkitkan lagi menjadi provinsi kopi terbaik dunia,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Jabar pun, lanjut dia, akan ngebut menjadikan kopi java preanger khas Jabar ini sebagai produk yang dikenal dunia sehingga mensejahterakan para petaninya.

Dalam kegiatan diskusi bersama pegiat kopi tersebut, Emil melanjutkan, pertama-tama akan menginput berbagai masalah dan data dari hulu sampai hilir mengenai kopi di Jawa Barat.

”Dengan ini acara Ngopi Saraosna Vol 6 secara resmi saya buka. Silakan 2 hari ini datang ke Gedung Sate bersama keluarga nikmati kopi Jawa Barat,” kata Emil disambut meriah.

Berbagai acara menarik disajikan Ngora 6 hingga hari ini, Sabtu (13/10/2018). Di hari pertamanya, sejak siang sudah terlihat ratusan pengunjung memadati area Gedung Sate menikmati kopi dan aneka hiburan. Sebelum membuka acara, Emil bersama ratusan komunitas motor yang tergabung dalam Gentleman’s Ride melakukan city riding mengitari ruas jalan di Kota Bandung.

Tidak ada komentar