Breaking News

Mempertahankan Adat Tradisi, Pemdes Majasih  Adakan Sedekah Bumi


INIJABAR.COM, Indramayu– Menyambut Tanam Padi Perdana, Pemdes Majasih, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu Jawa Barat menggelar upacara adat Sedekah Bumi. Acara adat masyarakat petani tersebut digelar di halaman Balai Desa Majasih Pada Rabu (7/11/2018).

Dalam acara Adat Sedekah Bumi,  digelar dengan doa Bersama yang dipandu oleh tokoh adat dan ulama. Serta diadakan hiburan seni daerah pagelaran Sandiwara Bina Remaja Indah (BRI) yang di pimpin oleh Mama Doni Desa Majasih Kecamatan Sliyeg.

"Seperti diutarakan masyarakat Majasih "Abah Cepot kepada Inijabar.com, ” upacara Sedekah Bumi tersebut, merupakan kegiatan rutin yang digelar setahun sekali menjelang Tanam Padi Perdana.Sedekah Bumi adalah salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut Tanam Padi Perdana sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.”Ungkapnya

"Ditempat yang sama Kajaya Kades Majasih,Sedekah Bumi dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur bagi Masyarakat petani kepada Tuhan Yang Maha esa karena ketika tanam padi diharapkan panennya bisa mendapat  hasil yang memuaskan, menurutnya tujuan sedekah bumi juga sebagai pelestarian kebudayaan dan sudah menjadi agenda rutin sekaligus melestarikan potensi daerah. “Saya lihat warga sangat antusias terhadap kegiatan tersebut. Agenda ini menjadi penyemangat warga untuk bercocok tanam,paparnya

Lebih lanjut Kajaya Sedekah bumi secara mitiologis merupakan dari pada realisasi warga Desa Majasih untuk mengaplikasikan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,Pungkasnya,(Sai)

Tidak ada komentar