Raih Juara 1, Kota Bekasi Berhak Wakili Jabar di Lomba BPJS Ketenagakerjaan Tingkat Nasional

Redaktur author photo
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memberikan piagam Juara 1 Lomba BPJS Ketenagakerjaan 2018 kepada walikota Bekasi, Rahmat Effendi di Bandung. Jumat (11/1/2019).

INIJABAR.COM, Bandung-  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan apresiasi pada sejumlah daerah Kota/Kabupaten yang menjadi pemenang dalam Lomba BPJS Ketenagakerjaan 2018.

Menurut dia, ini menandakan Kota/Kabupaten yang masuk kandidat BPJS Ketenagakerjaan Award lebih baik dari Kota/Kabupaten lainnya.

"Selamat kepada Pak Walikota Bekasi Rahmat Effendi atas penghargaan yang diterimanya. Penghargaan ini hanya bonus atas kinerja yang sudah diberikan," kata Ridwan Kamil.

Dia.menambahkan, kota/kabupaten yang sering dapat penghargaan kemungkinan bantuan Jawa Barat juga bisa ditingkatkan.

Ia juga ingin memotivasi kabupaten/kota lainnya menjadikan Jawa Barat juara di berbagai bidang. Bahkan menjadi contoh atau pioneer pelaksanaan kemudahan jaminan ketenagakerjaan se-Indonesia dengan memperkenalkan 3 program yang ingin dikerjasamakannya kedepan.

"Kita sudah khatam persoalan buruh tiap November intinya kesejahteraab. Kita ingin peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memperoleh kemudahan, 3 program yakni tempat tinggal berupa hunian sehingga tidak jauh dari tempat kerja, kemudian dengan menunjukan kartu BPJS bisa dapat sembako murah dan transportasi gratis," kata ptia yang akrab disapa.kang Emil.

Menurut dia, tiga hal itu menjadi inovasi dan cita-cita Pemprov Jabar kedepan di bidang ketenagakerjaan.

"Semoga bisa diimolemebtasikan. Dengan hanya bayar Rp 16 ribu perbulan tapi banyak kemudahan dan manfaatnya dari selama ini yang diterima," katanya. Jumat (11/1/2019) malam.

Dalam penganugerahan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan tingkat Provinsi Jawa Barat terbagi dari 3 kategori, yaitu  pertama, kategori pemerintah daerah Kota/Kabupaten, yang ke dua kategori perusahaan besar dan menengah, dan yang terakhir kategori perusahaan kecil dan mikro

Untuk tahun 2018 ini Juara 1 peraih Paritrana Award 2018 kategori kabupaten/kota di raih oleh Kota Bekasi yang pialanya diserahkan lepada. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Yang disaksikan  Asisten Daerah 1 Jawa Barat dan Deputi BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat.

Kota Bekasi menyisihkan 8 kandidat kota/kabupaten peserta lomba dan penilaian dilakukan tim Jawa barat melalui dua tahapan yakni verifikasi berkas dan peninjauan langsung ke lapangan.

Dari hasil recheking pada Desember 2018, Kota Bekasi dinilai mampu melakukan dukungan kongkret dalam penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Bahkan atas diraihnya penghargaan terbaik se-Jawa Barat ini menjadikan Kota Bekasi diikutsertakan pada lomba serupa di tingkat nasional pada Maret mendatang.

Walikota Bekasi  Rahmat Effendi mengatakan, penghargaan juara 1 BPJS Ketenagakerjaan ini jadi motivasi bagi Pemerinah Kota Bekasi untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan sehingga kesejahteraan buruh bisa meningkat. Baik itu bagi pekerja formal dan informal di kota Bekasi.

"Intinya terus kita kembangkan sektor ketenagakerjaan dan meningkatkan kesejahteraannya. Mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah dari sektor industri di Kota Bekasi," kata Rahmat Effendi.

Untuk itu, sambung dia, Pemkot Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja akan meningkatkan koordinasinya dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Bekasi. Beberapa waktu lalu, Pemkot Bekasi melakukan MoU agar setiap pegawai Tenaga kerja Kontrak (TKK) Kota Bekasi masuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka mendapatkan jaminan hari tau, kecelakaan kerja maupun jaminan lainnya.

Berikut para pemenang penghargaan BPJS Ketenagakerjaan Award Tingkat Jawa Barat 2018 dan berhak mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional pada Maret 2019 mendatang.

Kategori pemerintah kabupaten kota Peringkat 1 kota Bekasi, peringkat II Kota Bogor dan peringkat 3 kota Bandung. Kemudian Harapan 1 kota Sukabumi dan harapan 2 kota Cimahi. Kategori Perusahaan besar dan menengah Peringkat 1. Yutaka MFG Indonesia dari Kabupaten Bekasi Peringkat II . Kartika Paramedika dari Kota Sukabumi Peringkat III . CHITOSE Internasional dari Kota Cimahi Harapan 1 Gracia Pharmindo dari kabupaten Sumedang harapan II Sankei Gosyu Undustries daru kabupaten Bekas, dan Harapan III Jafpa Comfeed Indonesia dari kota Cirebon. Untuk Kategori perusahaan kecil dan Mikro peringkat I diraih Martabak Air Mancur dari Kota Bogor. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini