|
Menu Close Menu

Tanggul Sungai Jebol, Korlap Pusdalop BPBD Cirebon Sudah Kontak BBWS

Jumat, 04 Januari 2019 | 11.50 WIB
Banjir akibat tanggul sungai Panguragan jebol.
INIJABAR.COM, Cirebon - Akibat tanggul sungai Panguragan, Kabupaten Cirebon jebol sepanjang 10 meter, membuat 40 rumah dari 4 Blok terendam banjir, Kamis (3/1/2019).

Sejumlah warga desa Gujeg, Panguragan, Cirebon pun mengungsikan barang miliknya ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari banjir susulan lantaran debit air bisa terus meningkat. Pasalnya curah  hujan masih sering turun.

Ruslani, salah satu warga Panguragan membenarkan, jebolnya tanggul tersebut akibat hujan deras yang turun sejak Kamis (3/1/2019) dini hari yang mengguyur Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon. Sehingga membuat tanggul Sungai Panguragan di Desa Panguragan Wetan, jebol sepanjang 10 meter.

Akibatnya, air mulai mengalir menuju Desa Gujeg dan menggenangi sejumlah pemukiman warga dengan ketinggian se-mata kaki orang dewasa.

Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan mengatakan, jebolnya tanggul tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengakibatkan debit air naik.

"Untuk menangani jebolnya tanggul tersebut, BPBD telah menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung untuk segera turun ke lokasi dan melakukan penanganan," jelasnya.

Sementara menurut penjelasan pegawai Desa Gujeg, Anton, ada empat blok yang terdampak, dan diperkirakan sekitar 40 rumah tergenai air.

"Kami berharap air segera surut dan adanya penanganan secepatnya dari pemerintah," harapnya. (*)
Bagikan:

Komentar