|
Menu Close Menu

Kabid Kepemudaan Purwakarta; Peran Aktif Pemuda Dalam Menggali Potensi Kewirausahaan

Sabtu, 09 Februari 2019 | 20.39 WIB

inijabar.com, Purwakarta - Potensi kreatif yang dimiliki generasi muda begitu banyak dan berharap mendapatkan sentuhan semua pihak untuk dapat diberdayakan dan dikembangkan sehingga mereka menatap masa depannya yang lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Demikian diungkapkan Kabid Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq usai mengunjungi para pemuda di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu, Jumat (8/2) lalu.

"Saya melihat potensi kreatif dan inovatif para pemuda Purwakarta sangat luarbiasa. Seperti di desa Wanawali ini, mereka berusaha mengembangkan peternakan ayam kampung petelur dan pembibitan cabai rawit. Dan, mereka sudah mampu membangun usaha tersebut secara kelompok selama lebih dua tahun, sejak 2016," ujar Arif.

Menurutnya, hali ini baru dilihar dari satu desa dan satu lokasi saja. Belum lagi jika dilihat ke setiap desa atau kampung di seluruh kabupaten.

"Kami berharap dapat segera menyusun regulasi agar setiap potensi generasi muda benar-benar dapat difasilitasi secara terencana, terstruktur dan berkelanjutan," kata Arif.

Masih ditempat yang sama, Dewan Pembina Gerakan Masyarakat Sunda (Gema Sunda) Ade Winanto mengatakan, bahwa potensi wirausaha disetiap desa perlu dikembangkan. Tidak ada salahnya para pemuda harus berperan aktif dalam pengembangannya.

"Untuk di Wanawali sendiri ada beberapa wirausaha seperti ternak ayam kampung petelur, pembibitan ayam kampung (DOC), peternakan domba dan kambing kemudian pertanian ada penanaman cabai dan perkebunan," ujar Ade Winanto saat mendampingi Kabid Kepemudaan.

Selain itu, dibeberpa desa lainnya juga ada wirusaha shaguru dibawah naungan gema sunda. Karena prinsipna siapapun para pemuda yang ingin berwirausaha akan di suport.

"Di Cipanang ada wirausaha perikanan, kemudian di daerah campaka ada wirusaha peternakan bebek yang semuanya dikembangkan oleh anak-anak muda," tutup kang Ade Winanto.

Selain Kabid Pemuda yang hadir di lokasi melihat berbagai jenis wirausaha para pemuda, tampak juga Kasi Kesos Kecamatan Cibatu yang mewakili Camat Cibatu.(cep)
Bagikan:

Komentar

<---IKLAN--->
<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->