|
Menu Close Menu

Dimulainya Masa Kampanye Terbuka, Gubernur Jabar Ajak Warga Jaga Kondusifitas

Minggu, 24 Maret 2019 | 10.04 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
inijabar.com, Bandung – Dimulainya tahapan kampanye terbuka hari ini Minggu (24/3/2019). Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. mengatakan, jaga kondusifitas selama masa kampanye, meskipun berdasarkan informasi yang diberikan oleh KPU, Polri dan Menkopolhukam tingkat kerawanan Pemilu 2019 untuk wilayah Jawa Barat dinyatakan tidak ada.

’’Jadi ada indeks kerawanan yang dibuat oleh Bawaslu, KPU dan Polri. Sampai dengan hari ini Menkopolhukam sudah menyampaikan kerawanan itu tidak ada di Jabar,’’ kata Kapolda Agung, seusai Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019, di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (22/3/2019).

Namun pihaknya menyatakan, seluruh jajaran harus tetap siaga untuk mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun ini.

Dia menegaskan, aparat penyelenggara tidak boleh under estimate, sebab, fungsi aparat keamanan adalah mengawal proses demokrasi agar berjalan aman. Sehingga, seluruh jajaran harus tetap waspada.

Senada dikatakan, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (Emil) optimistis bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 yang terdiri dari Pilpres dan Pileg di Provinsi Jawa Barat akan berlangsung damai, aman dan kondusif.

“Alhamdulillah ya, bahwa track record (rekam jejak) Jawa Barat itu tidak ada masalah, selalu damai. Saat Pilkada Serentak 2018 juga tidak ada kaca pecah, tidak ada peluru terlepas, tidak ada darah yang tumpah di Jawa Barat,” kata Emil.

Dia menuturkan, berkaca pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat telah berlangsung damai, aman dan kondusif. Hal ini, menunjukan masyarakat Jabar sudah terlatih.

“Sehingga kami meyakini bahwa pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Jabar akan sama seperti pilkada 2018 yaitu damai dan lancar, aman serta kondusif,” kata dia.

Emil mengatakan pihaknya mengajak masyarakat menyukseskan pemilu dan meminta TNI atau Polri untuk senantiasa melaksanakan tugas pengawalan keamanan Pemilu 2019 dengan sebaik-baiknya.

“Di sini saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk menyukseskan dan mengedepankan pemilu yang damai,” kata dia.

Selain Itu, kata dia, meminta seluruh pihak untuk senantiasa mewaspadai dan berupaya menetralisir hal-hal yang dapat mengganggu keamanan jelang Pemilu.

Emil juga meminta Babinsa dan Babinkamtibnas untuk membuat masyarakat tidak terprovokasi berita hoaks yang berpotensi membuat gaduh hingga memecah belah persatuan.

’’Babinsa dan Babinkamtibmas harus membuat masyarakat tenang dari berita hoaks dan berita bohong menjelang Pemilu 2019 yang kurang dari sebulan ini,’’kata Emil.
Bagikan:

Komentar