|
Menu Close Menu

Kondisinya Miris di RW 26 Margahayu Sebanyak 45 Rumah Minta Dibedah

Sabtu, 09 Maret 2019 | 11.29 WIB
Salah satu rumah di RT 03 RW 26 Kel.Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur kondisinya sangat tidak layak huni.
inijabar.com, Kota Bekasi- Sebanyak 750 rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kota Bekasi Bakal segera direnovasi oleh Kementerian PUPR. Dari jumlah tersebut yang paling banyak mengajukan renovasi Rutilahu yakni di RW 26, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.

Diwilayah tersebut sebanyak 45 rumah yang tercatat mengajukan diri untuk di renovasi. Dari pantauan inijabar.com dilokasi tersebut ada 5 rumah yang masuk kualifikasi urgen untuk dibedah.

Salah satu Rutilahu di RW 26 Margahayu, Bekasi Timur yang kemungkinan besar bakal dibedah melalui program Kementerian PUPR.

"Ya ada sekitar 5 rumah yang urgen termasuk kategori jauh dari Tidak Layak Huni. Misalnya ada rumah yang dinding, atap, lantai sangat memprihatinkan. Ada juga yang tidak ada sirkulasi cahaya dana udara. Di RW 26 ini total yang mengajukan sebanyak 45 rumah yang tersebar di lima RT."ungkap Iman salah satu Tim verifikasi lapangan Rutilahu Kementerian PUPR. Sabtu (9/3/2019).

Dia menjelaskan program KemenPUPR itu khususnya di Kota Bekasi merupakan aspirasi dari Anggota Komisi V DPR-RI Intan Fitriana Fauzi.

Intan Fauzi sendiri pada sebuah media online memastikan ratusan rumah tidak layak huni di Kota Bekasi bakal mendapatkan jatah bantuan program bedah rumah pada 2019 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sekarang progresnya masih tahap verifikasi faktual di lapangan," kata Intan di Bekasi.

Dia mengatakan, usulan tersebut sudah disetujui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tim dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR sedang melakukan berifikasi faktual untuk memastikan bantuan program bedah rumah tepat sasaran.

"Iya jadi usulan itu (bedah) rumah sudah disetujui, tinggal nanti tunggu proses verifikasi supaya bantuan itu tepat sasaran, 2019 ini programnya berjalan," paparnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, terdapat 1500 rumah yang nantinya akan mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR di dua daerah tempat pemilihannya, Kota Bekasi dan Kota Depok.

"Masing-masing daerah sebanyak 750 rumah, satu rumah dana bantuan bedah rumah itu sebesar Rp 17,5 juta, rumah yang dibedah yaitu rumah yang benar-benar tidak layak huni," ungkap Intan.

Adapun proses penyaluran bantuan bedah rumah kata Intan, setelah hasil verifikasi faktual rampung, penerima bantuan akan langsung diserahkan dana bantuan.(*)
Bagikan:

Komentar