|
Menu Close Menu

Pelaku Industri Kopi Asli Bandung Alami Perkembangan Pesat

Kamis, 14 Maret 2019 | 08.36 WIB

inijabar.com, Bandung – Kepala Dinas Perkebunan Jabar; Dodi Firman Nugraha mengatakan, saat ini pekembangan kopi asli Bandung dari hulu sampai hilir setiap tahunnya mengalami kemajuan signifikan.

Peningkatan ini dibarengi dengan semakin banyaknya pertumbuhan para pengusaha dengan membuka kedai-kedai kopi hampir diseluruh Kabupaten/Kota di Jabar.

’’Ini yang nantinya akan kita garap agar perkembangan kopi di Jabar terus tumbuh dan berkembang,”ujar Dodi. (14/3/2019)

Dia mengatakan, meski luas area perkebunan kopi di Jabar masih kalah dengan provinsi Lampung dan Aceh, namun kualitas kopi Jabar adalah yang terbaik dan banyak digemari di luar negeri.

Dodi menyebutkan, sekarang ini luas area perkebunan kopi di Jabar hanya mencapai sekitar 41 ribu hektar. Jumlah ini akan terus berkembang seiring dengan dorongan dan dukungan dari pemprov Jabar kepada para petani kopi.

Sedangkan untuk para pelaku pengusaha kopi saat ini, sudah banyak para pelaku industri kopi yang sudah masuk ke dalam binaan Dinas UMKM dan Koperasi.

’’Jumlahnya sudah ribuan, bahkan hampir setiap daerah memiliki jenis kopi masing-masing, seperti kopi puntang, kopi manglayang, malabar, dan masih banyak lagi,”kata dia.

Untuk itu, lanjut Dodi, kedepan pihaknya akan mendorong para penggiat kopi; dari mulai petani, pelaku usaha kopi, dan pelaku susaha kedai kopi.

Bentuk dukungan tersebut rencanannya akan dibuat berbagai kegiatan festival khusus kopi agar masyarakat semakin menyukai untuk meminum kopi.

’’Kita sebetulnya sudah sering buat acara seperti ngopi saraosna, Bandung lautan kopi atau bisa juga nanti di gelar ketika bertepatan dengan ulang tahun provinsi Jabar,”kata Dodi.(*)
Bagikan:

Komentar

<---IKLAN--->
<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->