|
Menu Close Menu

Sehari Selesai 15 Dus, KPU Bekasi; Pelipat Kertas Suara Pemilu 2019 Sudah Terlatih

Senin, 25 Maret 2019 | 12.37 WIB

inijabar.com, Kabupaten Bekasi- Sudah empat hari ribuan kertas suara dilipat di Stadion Wibawamukti, Cikarang. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, kelipatan surat suara ditargetkan selesai tiga hari kedepan.

"Pelipatam kertas surat suara sudah berjalan selama lima hari untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR- RI). Kemarin kita sudah lakukan pelipatan kertas surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi dan sebelumnya juga sudah menyelesaikan penyortiran kertas surat suara Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Persiden (Cawapres),” ungkapnya, Senin (25/3/2019).

KPU Kab.Bekasi menargetkan penyortiran dalam waktu 3 hari. Secara hitungan perhari yang bisa diselesaikan itu berpariatif karena KPU menggunakan  membaginya dalam kolompok-kelompok.

"Dalam satu hari kelompok buruh kerja bisa menghasilkan 10 sampai 15 dus perkelompok terdari dari 8 orang."ucapnya.

KPU Kab. Bekasi, kata dia, sebenarnya hanya menargetkan perhari ada berapa jenis surat suara yang sudah ditargetkan. Untuk satu jenis surat suara dalam waktu 3 hari sudah selesai.

Dia menerangkan, buruh kerja dihari ke-4 ada 866 namun dihari pertama ada 878. Mereka diambil dari masyarakat umum sekitar KPU.

"Secara keterlampilan mereka sudah terbiasa lakukan kegiatan pelipatan kertas surat suara ini karena tiap acara pemilu masyarakat dilibatkan dalam pelipatan kertas surat suara. Dan tidak ada pelatihan khusus sebab sebelum  penyortiran dilakukan kami berikan tata cara dan panduan untuk pelipatan surat suara."tandasnya.

Jajang menyinggung soal pengawasan, pihaknya melibatkan tim KPU dan Bawaslu serta pihak kepolisian untuk memeriksa pekerja yang melipat kertas surat suara tujuannya agar aman dan tidak ada hal yang tidak diinginkan.

“Sambil kami awasi dan tim KPU memilih kertas surat suara yang rusak. Untuk surat suara yang rusak DPD RI ada 1.735,” tandasnya.(mam)
Bagikan:

Komentar