|
Menu Close Menu

Website KPU Purwakarta di Ganggu, Kok Bisa?

Rabu, 06 Maret 2019 | 10.15 WIB
Ketua KPU Purwakarta
inijabar.com, Purwakarta - website milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta diretas (hack). Situs yang diretas beralamat https://kab-purwakarta.kpu.go.id. laman tersebut terpasang banner 'Hacked by Mr.SoUrchID/ # Security Is A Game #.

Terkait hal ini, Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman menyatakan peretasan bukan masalah besar.

"(Sistem keamanan.red) seoptimal mungkin bebas (retas). Kalau itu memang hack, bebas, nggak apa-apa, nggak ngaruh. Yang jadi patokan mah yang manual," kata Ikhsan, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (5/3/2019).

Walaupun begitu, lanjut dia, pihaknya langsung bergerak cepat dengan berkoordinasi dengan bagian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tersebut untuk mengatasi hal tersebut.

"Saya sudah koordinasi dengan PPID agar diatensi. Saat ini sedang ditangani," kata Ikhsan.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Tim IT KPU dan penyedia layanan web milik KPU untuk dinonaktifkan terlebih dahulu.

"Mereka sudah koordinasi dengan Tim IT tempat web di-hosting. Saya sarankan agar di-off untuk sementara waktu. Jika sudah clear baru bisa dibuka dan diakses kembali," paparnya.

Ia menambahkan, tim IT KPU Purwakarta yang betulkan website terakhir, sedang diusahakan untuk pindah server sementara.

"Menurut tim IT saat ini web KPU Purwakarta sedang dipersiapkan buat server barunya, sebab server yang lama kita pergunakan moratelindo sudah lemah firewallnya sejak lama dan sudah banyak virus, serta belum ada respon juga dari moratelindo nya," kata Ikhsan.

Untuk saat ini, lanjut dia, tidak berpengaruh terhadap kegiatan apapun dan data KPU masih aman.

"Hanya lebih ke lambat saja untuk mengaksesnya, hack nya tidak merusak sistem dan mengotak atik data. Kita sedang perbaikinya," ucap Ikhsan.(cep)
Bagikan:

Komentar