|
Menu Close Menu

Konfercab PDIP Purwakarta, Para Ketua PAC Jadi Rebutan Kandidat

Senin, 24 Juni 2019 | 17.48 WIB

inijabar.com, Purwakarta- Konfrensi Cabang (Konfercab) DPC PDIP Purwakarta yang digelar pada 14 Juli 2019 mendatang. Ketua PAC PDIP Kecamatan Cibatu, Ahmad berharap ada regenerasi kepimpinan di DPC PDIP Purwakarta pada momentum Konfercab mendatang.

"Siapapun itu, kami kader dibawah menginginkan adanya perubahan atau regenerasi distruktural DPC PDIP Purwakarta," kata Pria yang biasa disapa Kang Haji Ahmad itu, Senin (24/6/2019).

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri, bahwa PDIP harus menjadi partai nasionalis yang modern.

"Artinya, modernitas tanpa perubahan atau regenerasi adalah hal yang mustahil. Kepemimpinan DPC PDIP Purwakarta hari ini kan sudah dua periode, yah harus ada regenerasi dan perubahan kepengurusan," tuturnya.

Namun demikian, Ahmad juga mengatakan hal berbeda terkait kepemimpinan PDIP secara nasional. Di tingkat nasional, sosok Megawati masih tetap diperlukan, meski secara nasional PDIP tidak pernah kekurangan stok pemimpin.

"Dinamika politik maupun arus bawah masih menempatkan Megawati sebagai sentra kekuatan politik untuk memimpin PDI Perjuangan," ucapnya.

Terpisah, Ketua PAC PDIP Kecamatan Babakan Cikao, Agie Iesmayagi Permana mengatakan, dalam sebuah suksesi tidak berarti harus mengganti pucuk pimpinan. Menurutnya perubahan partai kearah modernitas bisa dilakukan tanpa mengganti seorang ketua partai.

"Mimpin PDIP Purwakarta? Kalau ada yang mampu selain Acep Maman, ya monggo, kenapa tidak? Tentunya dengan catatan-catatan. Dan bagi kader, ini harus diputuskan dengan penuh pertimbangan," kata Agie. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Kabupaten Purwakarta, A Harist Yogie membenarkan adanya percepatan gelaran Konferda di DPD-DPD dan Konfercab di DPC-DPC PDIP yang akan digelar secara serentak.

"Untuk Purwakarta, gelaran konfercab masuk dalam zona 4, bersama Karawang, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, agendanya 14 Juli 2019, serentak yah," kata Yogie. 

Menurutnya, apakah dalam Konfercab DPC PDIP Purwakarta nanti dilakukan perombakan penuh ataupun masih mempertahankan pengurus yang lama.

"Mari kita tunggu saja pelaksanaannya," ujarnya diplomatis.

Menyangkut prosedur atau juklak juknis Konfercab atau pemilihan Ketua DPC berdasarkan hasil Rakerda, Yogie menuturkan, pertama ; masing masing PAC mengadakan rapat pleno, hasil rapat pleno PAC mengusulkan calon Ketua DPC, sebanyak banyaknya 3 orang calon ketua DPC. 

"Kemudian, nama-nama calon ketua DPC  oleh PAC dikirim ke DPC dan DPC mengumpulkan usulan dari PAC-PAC dan mengirimkannya ke DPP. Dengan catatan DPC dilarang menambah atau mengurangi usulan PAC," ujarnya.

Lalu, nama-nama usulan tersebut paling lambat pada tanggal 5 Juli 2019 sudah harus diterima DPP dengan tembusan nya DPD.

"Pada tanggal 14 Juli 2019 akan dilaksanakan Konfercab, dalam Konfercab tersebut DPP akan mengumumkan 3 orang pengurus DPC yang di tunjuk DPP, yaitu ketua, sekretaris dan bendahara. Nah ketiga orang yang ditunjuk tersebut, selanjutnya membentuk formatur untuk membentuk kepengurusan DPC tersebut," ucapnya.(cep)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->