Usai Sholat Idul Fitri Gubernur Jabar Himbau Sampingkan Perbedaan

Redaktur author photo

inijabar.com, Bandung- Usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1440 Hijriah dilapangan Gasebu, Rabu (5/6/2019). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Barat agar mengesampingkan  perbedaan  dan lebih mengedepankan mencari persamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kalau dicari perbedaan pasti jumlahnya tidak terbatas, tapi kalau kita kuatkan persamaan kita Insya Allah kita akan merasa ukhuwah islamiah kita ini mendapatkan maknanya," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Dia menilai, berbagai perbedaan akan selalu ada dalam setiap kehidupan. Untuk itu, dirinya menekankan agar masyarakat lebih mengedepankan mencari persamaan yang tentunya akan membawa kedamaian.

"Beda sepakbolanya, beda Pilpres-nya beda Pileg-nya. Tapi akidah-nya, sahadat-nya, rukun Islam-nya dan rukun iman-nya sama kan," ungkapnya.

Jika masyarakat mampu menjaga perdamaian, sambung dia, maka akan membawa Jawa Barat menjadi percontohan masyarakat yang religius dan memiliki spiritualitas tinggi. Emil menambahkan, nikmat berbangsa dan bernegara akan tetap terasa di tengah dinamika perbedaan.

"Jangan sampai nikmat ini dicabut Allah SWT. Tadi imamnya juga menekankan, satu hikmah Ramadan itu meningkatkan disiplin kita, meningkatkan sabar, ketakwaan, toleransi dan lain-lain," tandasnya. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini