|
Menu Close Menu

195 Siswa 'Misterius' Tak Daftar Ulang, Bangku Kosong Buat Siapa?

Senin, 08 Juli 2019 | 07.27 WIB

LAPOR diri atau daftar ulang PPDB Online Jenjang SMP Negeri di Kota Bekasi untuk Jalur Prestasi berbasis USBN Tahun Ajaran 2019/2020 sudah selesai. Dari 1.703 siswa (12%) daya tampung Jalur Prestasi USBN, hanya 1.508 siswa (88,54%) yang melakukan daftar ulang. Sehingga ada kursi kosong sebanyak 195 kursi.

Yang perlu diperhatikan dan diusut adalah, siswa yang tidak melakukan daftar ulang, penyebabnya apa? Sebab, ketatnya seleksi PPDB Online membuat orang tua keteteran dan pusing mencari sekolah sesuai dengan keinginan anaknya.

Banyak yang terpental atau tergeser disaat perdanfataran awal. Namun, saat pelaksanaan daftar ulang pada 5-6 Juli 2019, ternyata siswa yang sudah diterima tidak melakukan registrasi atau lapor diri di sekolah tujuan. 

Terutama misalnya yang terjadi di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Sebanyak 28 siswa tidak melakukan daftar ulang, apa penyebabnya. Hal ini tentu sangat aneh, karena ketatnya proses seleksi, justru siswa yang sudah diterima tidak mendaftar ulang.

LKemana siswa itu bersekolah? setelah tidak memilih SMP Negeri 6 Kota Bekasi??? Apakah ini ada permainan, mereka sudah diterima ditempat lain? Atau ini hanya siswa fiktif belaka?.

Selain di SMP Negeri 26 Kota Bekasi, sejumlah siswa juga tidak mendaftar ulang di sekolah tujuan, padahal siswa tersebut sudah diterima melalui seleksi Jalur Prestasi USBN.

Ada 11,46% atau sekitar 195 siswa yang tidak mendaftar ulang, Pertanyaannya kemana mereka mendaftar ??? Mengapa mereka mengundurkan diri ???

Ini harus diusut, apa faktor penyebabnya. Sangat janggal bukan, di SMP Negeri 6 Kota Bekasi hanya 10 siswa yang mendaftar ulang. 

Berdasarkan penelusuran dari Bang Imam Berbagi, salah satu siswa yang mengundurkan diri bernama NAS, ditulis asal sekolah di SD Negeri Jatibening IV, tetapi alamat atau tempat tinggalnya berada di Kelurahan Poko, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Aneh!!! Jadi, proses seleksi PPDB Online SMP Negeri di Kota Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020 sangat janggal, dan tidak masuk diakal.  

Sebelumnya seleksi janggal PPDB Online SMP Negeri di Kota Bekasi sudah terjadi di hari pertama. Dimana ditemukan siswa yang mendaftar jarak rumahnya 0 meter dengan sekolah

Ada beberapa sekolah yang siswanya tidak melakukan daftar ulang lebih dari 10 siswa, yaitu:

SMP Negeri 6 Kota Bekasi (28 orang);
SMP Negeri 15 Kota Bekasi (14 orang);
SMP Negeri 17 Kota Bekasi (12 orang);
SMP Negeri 20 Kota Bekasi (12 orang);
SMP Negeri 35 Kota Bekasi (12 orang);
SMP Negeri 34 Kota Bekasi (11 orang);
SMP Negeri 23 Kota Bekasi (10 orang).

Selalu pertanyaan akan muncul, kemana siswa itu bersekolah kalau ia mengundurkan diri ???.

Penulis; 
Imam Mobil Yahya/pengamat pendidikan
Bagikan:

Komentar

<---IKLAN--->
<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->