Korem 051/Wkt Sosialisasikan Pembinaan RTRW

Redaktur author photo

inijabar.com, Kabupaten Bekasi - Korem 051/Wkt melaksanakan kegiatan sosialisasi pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat, yang diikuti oleh Danramil dan Bintara perwakilan dari tiap-tiap Kodim Jajaran Korem 051/Wkt di Aula Makorem 051/Wkt Jl. Niaga Raya Kav 1 Jababeka Cikarang Bekasi, Kamis (1/8/2019). 

Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Susilo dalam sambutannya menyampaikan rencana tata ruang wilayah untuk pertahanan pada tingkat Korem memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan di wilayah tingkat Korem dan merupakan penjabaran dari RTRW pertahanan tingkat Kodam maupun RTRW Pertahanan Nasional dan sekaligus digunakan sebagai pedoman bagi penyusunan RTRW pertahanan tingkat Kodim.

Sinkronisasi antar sektor yang memegang kebijakan pengaturan pemanfaatan ruang menjadi suatu keharusan melalui pembahasan oleh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat, melalui singkronisasi antara rencana tata ruang wilayah provinsi  dan rencana tata ruang wilayah pertahanan pada tingkat Kodam, maka akan menghasilkan tata ruang wilayah yang baik sehingga dapat dijadikan pedoman bagi RTRW pertahanan pada tingkat Korem maupun Kodim. "terang Danrem.

Lebih lanjut dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di Darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi Geografi, Demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadi kekuatan wilayah.

Mengakhiri sambutannya Kolonel Inf Susilo mengharapkan, agar melalui kegiatan sosialisasi ini akan terwujud kesamaan Visi dan persepsi antara tata ruang wilayah pertahanan darat baik tingkat Kodam, Korem dan Kodim.

Komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan, sehingga tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

Untuk itu, agar pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka setiap Prajurit TNI AD harus selalu memahami tentang pokok-pokok penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial tersebut.

"Dengan harapan pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. " pungkasnya. Kesempatan yang sama Kapenrem 051/Wkt Mayor Inf Lukman Nurwibowo Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dan pedoman bagi satuan komando kewilayahan jajaran Korem 051/Wkt dalam melaksanakan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat diwilayah masing-masing. "tuturnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini