Menhub Sebut Ada 4 Perusahaan Siap Gunakan Motor Listrik

Redaktur author photo

inijabar.com, Jakarta – Sudah ada empat perusahaan transportasi berkomitmen menggunakan kendaraan bermotor listrik. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri “Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik” yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan di Silang Monas, Sabtu (31/8/2019).

“Beberapa operator transportasi yang sudah bersepakat untuk menggunakan kendaraan listrik diantaranya adalah Blue Bird, Gojek, Grab dan Transjakarta. Saya minta operator yang lain untuk mengikuti,” ujar Menhub. 

Dia mengatakan, sangat mengapresiasi respon yang baik dari para pelaku usaha di sektor transportasi, terkait upaya Kemenhub mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik untuk angkutan umum massal perkotaan.

“Kami berupaya agar angkutan umum segera beralih kepada angkutan listrik,” tegasnya. 

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, Kemenhub telah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada operator tersebut baik fiskal maupun non fiskal.

“Salah satu insentifnya seperti parkir gratis, pembebasan ganjil genap, dan daerah memberikan pengurangan pajak kendaraan,” ungkapnya.

Untuk itu, Menhub meminta para pelaku usaha sektor transportasi untuk mengkomunikasikan kepada Kemenhub jika ada hal-hal yang masih menyulitkan untuk dicarikan jalan keluarnya.

“Bapak Menko Maritim tadi mengatakan tanggal 8 September kita akan rapat koordinasi. Operator, industri dan pengguna kita undang. Kita bahas sama-sama apa yang menjadi kemudahan-kemudahan yang harus dilakukan, sehingga ini jadi kongkret,” jelas Menhub.

Terkait bus listrik Transjakarta, Menhub mengatakan komitmennya bahwa dalam waktu dekat ini akan sudah beroperasi di jalan.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini