Harusnya Kelar Bulan Februari 2019, Pengerjaan Skywalk Cihampelas Mangkrak

Redaktur author photo
Pembangunan Skywalk Cihampelas tahap ke 2 yang harusnya selesai bulan Februari 2019. Akhirnya mangkrak dan mulai terlihat tidak terawat.
inijabar.com, Bandung- Pembangunan Skywalk Cihampelas tahap ke 2 akhirnya mangkrak. Pengerjaan yang harusnya selesai bulan Februari 2019, hingga kini malah nampak semakin kumuh.

Selain mengatasi kemacetan, Skywalk juga berfungsi sebagai tempat wisata belanja yang dikhususkan pedagang kaki lima. Skywalk yang semula digagas Gubernur Jabar Ridwan ini, memiliki konsep untuk memberdayakan perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku usaha kecil.

Akan tetapi, karena mangkrak para pedagang yang sudah berjualan di Skywalk jadi mengeluh. Sugianto yang juga tokoh masyarakat Cihampelas ini mengungkapkan, pembangunan tahap dua telah dimulai pada Agustus 2018 dengan estimasi lama pekerjaan tiga bulan.

Bahkan, seharusnya lebih cepat karena proyek ini sebetulnya tinggal melanjutkan saja. Sugianto menambahkan, akibat mangkraknya proyek tersebut saat ini kondisinya sudah mulai banyak rusak dan berkarat. Sebab, tidak ada pemeliharaan dari kontraktor. Bahkan, dikhawatirkan menimbulkan bahaya.

’’Ini harus diselesaikan, jangan sampai menunggu ada korban, itu kan besi semua, nanti bisa jadi dicuri banyak yang hilang dan menimbulkan bahaya bagi pengendara di bawahnya,’’kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arif Prasetya pernah menyatakan pada (11/3) bahwa mangkraknya pengerjaan Skywalk Jalan Cihampelas Tahap dua disebabkan habisnya waktu pengerjaan.

Bahkan, pihak kontraktor sudah diberikan toleransi tambahan waktu 50 hari masih belum selesai. Pemkot Bandung telah mengirimkan surat yang menyatakan proyek terhentikan pada akhir Februari lalu. Hingga kini proyek sudah mencapai 90 persen. Sebagai konsekuensinya, kontraktor akan dikenakan denda.

Arief mengatakan, proyek akan dilanjutkan tahun depan. Artinya pengerjaan pada 2019 dengan nilai anggara di bawah Rp 1 Miliar. Akan tetapi sejauh ini tidak ada aktifitas pengerjaan Skywalk di Jalan Cihampelas itu. Selain itu, sesuai rencana pembangunan seharusnya tahun ini juga sudah dikerjakan Skywalk Tahap 3 yang menghubungkan hingga ke Taman Sari.

Sebab, Pemkot Bandung juga sudah merancang agar skywalk Cihampelas terhubung hingga Dago Cikapayang. 

“Harusnya bisa mulai di posisi dari Cihampelas ke Taman Sari tampaknya kita akan mundur lagi. Kita selesaikan dulu yang ciwalk tahap kedua ini. Tapi bisa saja sekaligus menyelesaikan (Tahap 3) bisa juga terjadi,” ucap Arief kepada wartawan. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini