|
Menu Close Menu

Seminggu Pasca Dilantik Anggota DPRD Justru Terlihat Lesu?

Selasa, 03 September 2019 | 13.58 WIB
Kantor DPRD Kota Bekasi nampak sepi. Selasa (3/9/2019)
inijabar.com, Kota Bekasi- Sudah seminggu pasca dilantik Anggota DPRD Kota Bekasi belum terlihat tanda-tanda semangat bekerja. Padahal banyak agenda yang harus dibahas seperti pembahasan APBD 2020 termasuk penempatan AKD (Alat Kelengkapan Dewan).

Pantauan absensi anggota DPRD Kota Bekasi pada Selasa (3/9/2019) jam 10.00 wib hanya terlihat nama H.Solihin dari PPP dan Ibnu Hajar Tanjung dari Gerindra yang menandatangani absensi kehadiran.

Menurut Anggota DPRD asal PPP, H.Solihin belum adanya rapat masih menunggu instruksi pimpinan sementara dan juga menunggu para pimpinan fraksi yang belum lengkap.

"Iya kelamaan sih, tapi memang kondisi ketua Fraksi beberapa partai kan belum jelas juga siapa ketua nya. Mungkin menunggu itu jadi pimpinan sementara belum ada rapat,"ujar Solihin pada inijabar.com di ruang Komisi 1 DPRD Kota Bekasi. Selasa (3/9/2019).

Senada dikatakan anggota DPRD yang juga sudah dipastikan akan menjadi Ketua DPRD Kota Bekasi definitif, Chairumam J Putro. Menurut dia, belum terbentuknya AKD (Pimpinan Definitif, Komisi, maupun Badan) menyebabkan Dewan belum bisa melaksanakan tugas konstitusinya (legislasi, budgeting, maupun controling) termasuk tidak dibenarkan penggunaan anggarannya.

"Untuk pembentukan AKD dibutuhkan Tatib DPRD yang baru, karena yang lama praktis hanya berlaku hingga masa jabatan DPRD lama berakhir,"ungkapnya.

Lanjut dia, sehingga tugas Pimpinan DPRD Sementara adalah menfasilitas pembentukan Fraksi, Tatib DPRD dan pelantikan Pimpinan definitif. Pasalnya, Pimpinan Tetaplah yang akan menfasilitasi pembentukan AKD.

Seperti diketahui anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 telah dilantik pada tanggal 26 Agustus 2019. Dimana sebanyak 21 anggota dewan lama masih mengisi komposisi anggota dewan saat ini, sisanya 29 merupakan wajah baru.(*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->