|
Menu Close Menu

Warga Karangpawitan Ber Swafoto Bersama Wabup Usai Acara Ruat Bumi

Senin, 23 September 2019 | 09.45 WIB
Wabup Karawang, H.Ahmad Zamaksyari ber swafoto dengan warga Karangpawitan.
inijabar.com,Karawang- Gelaran ruat bumi masyarakat kampung Tanjungsari kelurahan Karangpawitan kecamatan Karawang Barat,Minggu (22/9/2019) di ruatan bumi ini Setelah musim kemarau atau katiga akan datang air yang baru (mapag cai).

Salah satu warga bernama Sanusi 45) mengatakan, hajat bumi sebagai rasa syukur para petani atas keberhasilan panen raya padi.
"Hajat bumi sebagai rasa syukur atas panen yang berlimpah. Makanya dilakukan ruwat bumi,"katanya pada inijabar, Minggu (22/9/2019).

Selain hajatan ruwat bumi diadakan juga pertandingan sepak bola persahabatan antara kesebelesan phanter junior sebagai tuan rumah melawan kesebelasan kuda mas dari Cilamaya.

Sementara, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari yang didampingi lurah Karangpawitan dalam sambutanya mengatakan, ruat bumi mempunyai arti sebagai pengingat kepada para pengisi bumi dan leluhur kita.

"Ruwat bumi ini untuk bisa melestarikan alam dan lingkungan, karena bagian dari hukum alam. Dan rasa syukur kepada Allah SWT,"kata Kang Jimmy panggilan akrab Wakil Bupati Karawang.

Jimmy juga menambahkan, ritual ruat bumi ini bisa menyelamatkan bumi serta rasa syukur kita kepada leluhur.

"Pesan moral dalam ruat bumi ini yakin mengingatkan manusia untuk tidak merusak bumi yang kita huni. Dengan merusak bumi sama saja melawan hukum Allah SWT," tandas nya. (ndod)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->