5 Aspek Dalam Mengelola Sampah

Redaktur author photo
Ketua Kawali Jawa Barat, Edvin Gunawan
RENCANA Pembangunan kembali Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLSTa) di kota Bekasi dirasakan sangat lamban dan cenderung tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Proses pembangunan PLTSa tersebut pun menjadi perhatian banyak pihak dikarenakan mengalami kegagalan dalam masa ujicoba nya dari investor yang lalu.

Banyak hal yang perlu ditinjau dan di perhatikan oleh Pemkot Bekasi. Ada beberapa yakni, 1. Aspek Hukum, 2. Aspek kelembagaan, 3. Aspek Pendanaan, 4. Aspek Sosbud dan 5. Aspek Teknologi

Aspek Kelembagaan, adalah sistem lerencanaan, pengaturan dan pengawasan dapat memudahkan proses pembangunan yang baik.

Aspek Hukum, membantu alas dasar peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku agar system dan Pembangunan yang dibuat tidak tumpang tindih secara dasar hukum yang berlaku.

Aspek Teknologi, hal ini menjadi tolak ukur berhasil tidak nya proses rencana pembangunan PLTSa ini (teknologi yang sesuai).

Aspek Ekonomi, menjadi investor atau pengembang untuk pembangunan ini harus dengan syarat yang memiliki kekuatan keuangan yang sehat dan telah bersertifikat oleh akuntan publik dan perlu diperhatikan juga pendanaan internal Pemkot Bekasi/APBD .

Aspek Sosial dan Budaya, hal ini juga harus memperhatikan karakter masyarakat dan lingkungannya, agar nantinya mendapat dukungan dalam proses pembangunannya 

Belajar dari negara manapun kita harus mulai dengan kajian 5 aspek.

Kalau kita lihat perbedaan Kota Bekasi dan China : APBN dan APBD di China sudah bagus untuk isu persampahan dan sudah menjadi prioritas, kalau di Bekasi apakah APBD sudah menjadi prioritas untuk pengolahan persampahan juga ?.

Setahu kami di kota Bekasi belum menjadi prioritas. Dari segi jenis sampah di China memang mirip dengan sampah di Indonesia, banyak sampah basah dengan kalori rendah, tapi di China sudah mulai pakai duluan Waste Incineration Plant dengan pre treatment yang cocok beda dengan di kita kan (Indonesia).

Jadi pendapat kami untuk rencana pembagunan PLTSa di Kota Bekasi harus di dasari dengan 5 Aspek terlebih dahulu , tampa 5 aspek akan mengalami gagal seperti teknologi yang sudah pernah diterapkan di TPA Sumur Batu lalu.

Menyikapi kunjungan Walikota Bekasi ke China untuk studi banding teknologi perlu di perhatikan dasar 5 aspeknya, bukan karena kejar tayang menyikapi arahan Presiden untuk menyegerakan pembangunan PLST

Jadi tetap harus ada tahapannya dan prosedurnya, kalo kami anologikan, hamilnya harus 9 bulan dulu, baru melahirkan, kalau tidak ya akan keguguran lagi programnya seperti yang sudah pernah diterapkan di Sumur Batu.

Saran kami tahap awal buat team penasihat teknis persiapan tender terbuka, mirip kita contoh seperti program PLSTa di Tangerang yang sedang berjalan saat ini, sekarang di Tangerang prosesnya sudah berjalan dan sudah terpilih 4 konsorsium yang lolos Pra qualifikasi, tampa ada titipan-titipan dalam pra qualifukasi..

Dari 22 konstestan kesaring menjadi 9 , trus dari 9 konstestan terpilih menjadi 4 kontestan, nanti dari 4 kontestan terpilih/calon akan kepilih menjadi 1 Consortium untuk mengerjakan Proyeknya.

Penulis; Edvin Gunawan  Kawal Lingkungan Hidup Indonesia
Share:
Komentar

Berita Terkini