Menkopolhukam Yakinkan Pengungsi Kondisi Wamena Aman

Redaktur author photo

inijabar.com, Jayapura – Pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019 pukul 09.30 Wit bertempat di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura,

Menkopulhukam Wiranto didamping Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melepas sebanyak 106 orang pengungsi kembali ke Kota Wamena.

Sebanyak 106 pengungsi tersebut sebelumnya berangkat dari Kota Wamena pasca aksi kerusuhan yang terjadi pada tanggal 23 September 2019.

Para pengungsi tersebut sebelumnya menginap di gedung Megantara Lanud Silas Papare Jayapura. Para pengungsi di berangkat kembali ke Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara. 

Wiranto  mengatakan, kembalinya ratusan pengungsi ini menandakan bahwa situasi di Kota Wamena saat ini sudah aman dan kondusif.

"Jangan takut lagi untuk kembali ke Wamena dan kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai usaha yang sudah dirintis bertahun-tahun lamanya. Mereka yakin bahwa hidup mereka disana,"ujarnya.Rabu (9/10/2019).

Dia menghimbau kepada para pengungsi yang masih berada di Jayapura maupun yang sudah kembali ke Kampung halamannya agar kembali ke Kota Wamena.

Dan kita harpkan pasca kejadian yang lalu, kita tetap menjga persaudaraan dan kedamaian di Wamena.

Aparat gabungan TNI dan Polri bersama pemerintah akan memberikan jaminan keamanan bagi pengungsi yang kembali ke Wamena.

Aparat akan memastikan bahwa situasi di Wamena tetap Kondusif dan masyarakat bisa beraktifitas dengan normal.

Usai pelepasan pengungsi, rombongan Menkopulhukam bersama panglima TNI dan Kapolri menuju ke Kabupaten Mimika dengan menggunakan pesawat VIP milik TNI Angkatan Udara. (*)


Share:
Komentar

Berita Terkini