|
Menu Close Menu

Polres Purwakarta Mulai Berlakukan Smart SIM

Kamis, 10 Oktober 2019 | 18.29 WIB

inijabar.com, Purwakarta- Smart SIM  memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan SIM lama. Setelah resmi diluncurkan pada 22 September 2019 pekan lalu yang bertepatan pada HUT Lantas Bhayangkara ke-64. 

Kini Polres Purwakarta wilayah hukum Polda Jabar sudah siap melayani pembuatan SIM model baru atau Smart SIM tepatnya melakukan launching Smart SIM pada Kamis (10/10/2019).

Kasat lantas Polres Purwakarta AKP Ricky melalui Baur Sim Brigadir Deni R mengatakan, Smart SIM adalah perpaduan antara perubahan bentuk fisik serta data chip kartu SIM, dengan memberdayakan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu.

Meski Smart SIM sudah dilaunching, SIM lama tetap bisa digunakan. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir.

“Kalau SIM lama sudah habis masa berlakunya, masyarakat bisa menggantikannya menjadi Smart SIM. Kalau SIM lama masa berlakunya kan sesuai tanggal dan bulan lahir, kalau Smart SIM ini (masa berlaku) sesuai dengan tanggal registrasi pembuatan SIM itu,” paparnya. pada awak media di Mako Polres Purwakarta.

Menurutnya ada perbedaan Smart Sim ini dengan SIM lama ,Smart SIM ini lebih simple pada kolom identitas pemohon ,sedangkan SIM lama lebih banyak tuliskan detail data pemohon meliputi nomor SIM ,nama ,alamat tanggal lahir ,tinggi badan, foto ,tanda tangan dan masa berlaku SIM serta sidik jari.

”Pada Smart SIM sendiri judul identitas pemohon hanya di gantikan nomor sementara foto ,sidik jari dan tanda tangan masih di tampilkan pada smart sim ini,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Smart SIM ini bisa berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik seperti transaksi e-Toll dan pembayaran elektronik di beberapa supermarket.

“kan bisa masuk tol bisa memakai fungsi game ini untuk pembayaran e-toll seperti yang ada dan sebagai dan juga untuk pembayaran mungkin di supermarket di Indomaret di mall-mall,”pungkasnya.

Sementara salah satu pemohon sim Irawan (32) mengaku senang dengan Perdan mendapatka Smart SIM yang dinilai banyak keuntungan selain untuk di pergunakan pembayaran e – toll dan pembayaran elektronik lainnya ,dan untuk tampilannya pun simple ,”ucapnya.(*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->