Kepala BNPB Ajak Praja IPDN Untuk Jaga Lingkungan

Redaktur author photo

inijabar.com, Sumedang - Kepala BNPB Doni Monardo mengajak seluruh Praja IPDN yang berjumlah 2000 Praja, untuk menjaga lingkungan. Ajakan ini dilontarkan Doni saat memberikan materi di Seminar Fakultas Hukum Tata Pemerintahan Tahun 2019, pada Kamis (5/11/2019) di Balairung Rudini Kampus IPDN, Sumedang.

Seminar yang mengusung tema "Leadership in the age of insecurity" dibuka Rektor IPDN yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Deti Mulyati,

"IPDN mengundang Kepala BNPB, karna IPDN akan membuka prodi manajemen kebencanaan, diharapkan kehadiran Kepala BNPB, Praja IPDN mendapatkan pencerahan mengenai ilmu kebencanaan." Kata Deti.

Saat sesi paparan Doni mengatakan, pencemaran lingkungan saat ini sudah sangat memperihatinkan, contohnya sungai Citarum, dulu kondisinya sangat kritis hingga mendapat predikat sungai terkotor di dunia, sekarang sudah membaik dan airnya dapat diminum. kerusakan lingkungan ini diakibatkan oleh perilaku manusia sehingga menimbulkan bencana.

Doni menambahkan, bencana bukan hanya diakibatkan oleh pencemaran lingkungan, ada juga lainnya seperti contoh gempa bumi yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng atau sesar.

"Apalagi di Bandung ini terdapat sesar aktif yaitu sesar lembang yang jika bergerak dapat mengakibatkan gempa bumi. Praja IPDN adalah calon pejabat negara sehingga wajib mengetahui ancaman bencana di lingkungannya,'ujar Doni.

Di akhir paparannya Doni mengajak Praja IPDN untuk tidak hanya memberikan contoh tetapi menjadi contoh kepada masyarakat agar menjaga lingkungan.

Seminar ini dihadiri oleh Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat, Tenaga Ahli BNPB Asisten 1 Bidang hukum Gubernur Jatim, Peneliti Dosen Universitas Pajajaran, Praja IPDN. Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini