|
Menu Close Menu

Kongres PAN ke V Dimulai Senin Besok, Pertarungan 1 Periode Vs Lanjutkan

Minggu, 09 Februari 2020 | 18.48 WIB

inijabar.com, Kendari- Menjelang Pembukaan Kongres ke V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari Sulawesi Tenggara pada tanggal 10-12 Februari 2020. Sejumlah peserta dan kader sudah memenuhi Kota Kendari sejak beberapa hari lalu.

Empat kandidat calon ketua umum PAN 2020-2025 pun sudah pasang strategi masing-masing. Ke empat kandidat diantaranya, Zulkifli Hasan, Drajat Wibowo, Mulfachri Harahap, Asman Abnur.

Dari ke empat kandidat tersebut yang paling terlihat saling klaim dukungan yakni kandidat patahana Zulkifli Hasan dan Mulfachri.

Bahkan Zulkifli Hasan mengumpulkan calon voter nya di Makasar beberapa hari yang lalu. Klaim audah mendapat dukungan sebanyak 372 pengurus kabupaten dan kota pemilik suara di Kongres.

Dukungan disampaikan dalam acara Konsolidasi DPW/DPD PAN seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/2/2020). 

Salah satu pendukung Zulkifli Hasan yakni Ketua DPD PAN Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Ahmad Fauzan Daulay. mengatakan, dirinya pernah diminta oleh Zulkifli Hasan untuk tidak perlu secara terang-terangan memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan. 

"Nampaknya Zulkifli Hasan tidak mau, dukungan yang diberikan pengurus PAN di Sumatera Utara akan mengganggu hubungan mereka dengan salah seorang calon ketua umum PAN, Mulfachri Harahap, yang sering disebut sebagai putra asli Sumatera Utara,"jelasnya.

Ahmad Fauzan Daulay, menolak saran Zulkifli Hasan tersebut. dia dan warga Sumut yang tahu mengapa mereka tidak mendukung Mulfachri Harahap.

“Ada lima kabupaten/kota yang merupakan kampung calon yang katanya putra daerah kami itu. Ada Palas (Padang Lawas, Paluta (Padang Lawas Utara), Madina, Tapsel (Tapanuli Selatan), dan Padang Sidimpuan. Dari sanalah berasal marga Harahap itu. Lima-limanya hadir disini. Tidak ada yang absen,” ucap Ahmad Fauzan seraya meminta rekan-rekannya ketua DPD PAN di kelima daerah itu untuk berdiri.

Dia menjelaskan, justru kehadirannya ke arena konsolidasi untuk Zulkifli Hasan itu adalah untuk memberikan contoh kepada kawan-kawannya yang lain.

“Tolong sampaikan salam kami dari Sumatera Utara bagi kawan-kawan yang belum ada di sini. Kami yang Sumatera Utara separuh ada di sini,” ucap Ahmad Fauzan.

Sekedar diketahui, dalam kongres PAN, pemilik suara berjumlah 590 suara . Sementara itu terkait arah dukungan pendiri PAN, Amien Rais sudah terlihat dengan sinyal politiknya seperti membiarkan putera nya yakni Hanafi Rais ada di kubu Mulfachri Harahap.

Bahkan Hanafi akan diplot sebagai Sekretaris Jendral.mendampingi Mulfachri sebagai Ketua Umum PAN jika terpilih. Sinyal lain yang diberikan Amien Rais yakni soal sejarah periodesasi Ketua Umum PAN yang selalu hanya satu periode.

Kongres PAN ke V akan dibuka Senin 10 Fevruari 2020 di Kendari. (dit)
Bagikan:

Komentar