|
Menu Close Menu

Rakor, PKK Merupakan Wadah Aktualisasi Perempuan

Kamis, 13 Februari 2020 | 10.50 WIB
 
inijabar.com, Indramayu-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK.

Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan.

Kepala Puskesmas Margadadi H.Tarmudi mengatakan, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan. Dari tingkat Desa/Kelurahan yang merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan.

"PKK itu berperan dalam membantu agar terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga,"ujar dia dalam sambutannya. Rabu (12/2/2020)

Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khusunya keluarga, pembina, motivator serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

Program PKK merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia. Pembangunan dalam hal ini mengarah pada upaya mempertahankan kondisi well being atau kondisi berfungsi.

Salah satu upaya untuk menciptakan pembangunan masyarakat dari bawah dan lingkup terkecil.

"Sebagai implementasi ‘kesadaran’ peran perempuan sebagai penggerak terwujudnya keluarga mandiri dan sejahtera,"tuturnya.

Menurutnya Program PKK ini merupakan salah satu strategi pemerintah yang sasarannya adalah kelompok perempuan yang dikoordinir dan dibentuk struktur kepengurusan dengan tujuan yang jelas.

"Selain sebagai wadah perempuan untuk berpartisi dalam PKK merupakan wadah aktualisasi diri perempuan,"ucapnya.

Melalui kelompok ini perempuan mengekspresikan kemampuannya memimpin sebuah organisasi, menjalin relasi dengan sesama anggota atau diluar anggota, bertukar ide serta berupaya mensukseskan tujuan-tujuan yang telah disepakati.

Dalam rakor PKK Kecamatan Indramayu terkait bidang kesehatan disampaikan ada 6 Poin,

1. Peran kader kesehatan,2.Kegiatan posyandu,3. Bulan Vit A dan BPB,4. Stunting,5. IVA TEST,6. GERTAK SIBAIM GERakan serenTAK Selamatkan Ibu BAyi Indramayu. (Sai)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->