Emil Putuskan 15 Daerah Laksanakan New Normal, Kota Bekasi Masuk Zona Kuning

Redaktur author photo

inijabar.com, Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, secara kumulitif bawah indeks angka reproduksi COVID-19 selama 14 hari berada di angka 1 bahkan dua hari terakhir diangkat 0,97. 

Dengan begitu, Pemprov Jabar akan memberlakukan beberapa daerah kebijakan New Normal atau AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di 15 daerah dan 12 daerah melakukan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Dia menuturkan, untuk New Normal atau AKB pada ada 15 daerah atau 60 persen dan yang direkomendasi melanjutkan PSBB Parsial dan 12 daerah atau 40 persen.

Pria yang akrab disapa Kang Emil menjelaskan, Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Jabar dalam mengambil keputusan selalu berdasarkan data dan tidak mungkin ada keputusan dari Gugus Tugas Jabar dan kota/kabupaten yang tidak berbasis data. 

“Kami tidak ingin gegabah, kami tidak ingin salah dalam mengambil keputusan, karena salah satu ukuran hari ini yang menjadi sebuah pencapaian dari Gugus Tugas adalah angka reproduksi Covid,"ujarnya.Jumat (29/5/2020). 

Ridwan Kamil menjelaskan, sudah selama 14 hari ini rata-rata di angka 1 bahkan dua hari terakhir diangkat 0,97 kira-kira begitu. 

“Nah ini menandakan kalau mengikuti standar dari WHO maka wilayah itu termasuk kategori terkendali, tentulah untuk sementara dan kita berharap kan ini permanen,” tambahnya. 

Emil  menyampaikan, daerah yang akan melaksanakan AKB atau New Normal ialah daerah yang sudah masuk pada zona Biru. 

“Kabupaten Ciamis, Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Sumedang, KBB, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, kota Sukabumi dan Kota Tasik,”tuturnya. 

Sementara yang melaksnakan perpanjangan PSBB yaitu 12 yang masuk zona kuning dan harus tetap dijaga kewaspadaannya. 

“Kuning ada 12 yaitu kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, kota Bandung masih kuning, Kota Bekasi, Kota Bogor, kota Cimahi, kuning tidak marah lagi dan kota Depok,” bebernya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini