Pemdes Warukawung Dibantu Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Hidupkan Lagi Perpustakaan Desa inijabar.com
|
Menu Close Menu

Pemdes Warukawung Dibantu Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Hidupkan Lagi Perpustakaan Desa

Selasa, 21 Juli 2020 | 06.23 WIB

inijabar.com, Kabupaten Cirebon-Pemerintah Desa Warukawung, Kecamatan Depok bersama mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menghidupkan Perpustakaan Desa, Selasa (20/7/2020).

Kuwu Desa Warukawung, Agung menjelaskan,  adanya Perpustakaan Desa ini minat baca masyarakat sangat antusias sekali, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Desa Warukawung selama ini belum memiliki gedung perpustakaan.

"Kami rencanakan harus punya gedung perpustakaan sendiri," ucap Agung.

Selain itu, kata dia, manfaat jika ada gedung perpustakaan desa, anak-anak Desa Warukawung bisa berkunjung untuk membaca serta belajar.

"Karena dengan membaca dunia itu ada digenggaman," tuturnya.

"Selama ini Perpustakaan Desa Warukawung gratis di buka pada saat ada pasar malam desa di halaman alun-alun Desa Warukawung pada hari senin saja," beber Agung.

Ia berharap, dengan adanya Perpustakaan Desa ini lebih inovatif dengan berbagai buku- buku bacaan lainnya ke desa akan muncul inovasi baru sehingga desa semakin maju.

Sementara itu salah satu mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Ubay mengatakan, untuk meningkatkan gemar membaca atau minat baca adalah salah satu indikator dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Apalagi saat ini jarang sekali ada masyarakat mengunjungi perpustakaan karena dengan perkembangannya IPTEK.

"Sehingga konsep kami perpustakaan desa untuk mewujudkan agar masyarakat lebih gemar membaca dan mandiri dengan melakukan inovasi melalui kegiatan ekonomi desa," jelas Ubay. (Fii)
Bagikan:

Komentar