Uu Ruzhanul Ingatkan Pentingnya Menjaga Ekosistem di Sungai Cibarani 

Redaktur author photo


inijabar.com, Kabupaten Tasikmalaya- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyebarkan ratusan benih ikan di Sungai Cibarani, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Uu mengatakan, penyebaran benih tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan Sungai Cibarani. 



Sungai Cibarani sendiri melewati tiga desa, yakni Desa Sukanagalih, Desa Sukaraja dan Desa Manggungjaya.


"Benih ikan ini untuk melangsungkan ekosistem makhluk hidup karena makhluk hidup ini saling keterkaitan,"ucap  Uu. Selasa (01/9/2020).


"Kami berharap warga bisa menjaganya, sehingga ikan yang ada di sana, minimal selama tiga bulan jangan dulu diambil, biar beranak dulu. Kalau dipancing langsung hari ini akan langsung habis," imbuhnya. 


Kang Uu berharap penyebaran benih ikan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga Sungai Cibarani. Sebab, jika benih ikan bertumbuh dan berkembang biak, ikan tersebut dapat menjadi sumber pangan bagi warga sekitar sungai. 


"Kami yakin ini bisa menambah (sumber pangan) protein masyarakat. Masyarakat yang tidak punya kolam tapi ingin mancing bisa di (sungai) ini," katanya.

 

"Kalau ada ikannya, masyarakat juga nanti segan membuang sampah dan limbah ke sungai, karena ada ikannya," tambahnya. 


Hal senada dikatakan Camat Rajapolah, Yana. Yana meminta warga sekitar, khususnya pemuda, untuk menjaga kelestarian sungai. 


"Ikan pemberian Pemprov Jabar yang ditanam ini harus kita jaga, jangan langsung diambil agar kelestarian lingkungan terjaga dulu," ucap Yana. 


"Saya minta kepada pemuda yang ada disini ataupun masyarakat yang bisa menjaganya untuk kelestarian ikan yang ada disini," imbuhnya. (Fii)

Share:
Komentar

Berita Terkini