|
Menu Close Menu

Irigasi Tarum Timur Jatisari Karawang Perlu Normalisasi Saluran

Selasa, 09 Juli 2019 | 18.04 WIB
Tumbuhan subur di areal pendangkalan Saluran Irigasi Tarum Timur Jatisari
inijabar.com,Karawang-Irigasi Tarum Timur Jatisari Pantura Karawang terlihat ditumbuhi tanaman rumput ilalang. Padahal saluran iriagasi Tarum Timur itu sering digunakan warga untuk keperluan mandi dan mencuci warga sekitar.

Setelah ditumbuhi banyak rumput ilalang liar yang tumbuh diatas tanah, saluran irigasi Tarum Timur. Kini lokasi tersebut tidak terpakai lagi oleh keperluan masyarakat. 

Menurut Hidayat (32), sudah terjadi pendangkalan luar biasa di sepanjang irigasi di wilayah Desa Mekarasari Kecamatan Jatisari. Sehingga tumbuh berbagai jenis tumbuhan liar dipinggir irigasi.

"Sekitar 50 meter lebih sudah terjadi pendangkalan tanah di pinggir Irigasi Tarum Timur Jatisari. Dulu pinggir irigasi itu dapat dimanfaatkan warga sekitar. Tapi sekarang tidak bisa dipakai lagi,"katanya pada inijabar.com,Selasa(9/7/2019).

Dia menjelaskan, belasan tahun yang lalu disepanjang irigasi Tarum Timur Jatisari sering digunakan warga dapat untuk berbagai keperluan.

"Dimanfaatkan airnya buat warga.Namun kurangnya pemeliharaan dari dinas terkait. Sehingga tanah dipinggir Irigasi Tarum Timur di seperti daratan," tandasnya.

 Senada disampaikan Kepala Desa Mekarsari, Darmas bahwa munculnya tanah sepertinya dari endapan saluran irigasi Tarum Timur yang sudah lama. Dinas terkait perlu melakukan normalisasi saluran irigasi Tarum Timur. Supaya bisa bersih lagi di pinggir irigasi.

"Lihat saja sekarang banyak tumbuhan atau ilalang liar tumbuh diatas tanah dipinggir IrigasI Tarum Timur Jatisari,"singkatnya (dej) 

Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->