Heri Koswara : Penanganan Banjir Dan Sampah Perlu Melibatkan Pusat dan Pemda Sekitar

Redaktur author photo





inijabar.com, Kota Bekasi- Masalah sampah dan banjir bukan persoalan sederhana. Dia terintegrasi dengan beberapa daerah sekitarnya. Tidak bisa daerah menyelesaikannya sendiri. Perlu keterlibatan pusat, provinsi dan beberapa daerah sekitar.


“Jadi, masalah banjir, masalah sampah atau lingkungan adalah masalah yang kompleks,”ujar Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara menjawab pertanyaan wartawan menanggapi diskusi lingkungan yang dilakukan bersama Dr Sony Teguh, pakar lingkungan yang juga pendiri Rumah Sopan belum lama ini.


Karena itu menangani sampah dan lingkungan harus terintegrasi satu daerah dengan daerah lainnya. Misalnya keadaan bajir di Bekasi, bukan hanya pemerintah Kota Bekasi saja yang bertanggung jawab. Sulit dan bahkan tidak mungkin itu.


Tapi harus melibatkan peran Pemda dan Pemkot Bogor, DKI dan juga Kabupaten Bekasi. Pemerintah Provinsi dan Peran Pemerintah Pusat juga sangat menentukan.


" PUPR harus turun juga karena wilayah daerah aliran sungai menjadi tanggung jawab pusat," tambahnya..


Dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan juga sebagai ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara mengaku sudah menginventarisir persoalan dasar masalah lingkungan. 


Dalam hal banjir misalnya, berbagai titik daerah di Kota Bekasi seringkali mengalami banjir. 


“Saya bersama Presiden PKS Pak Syaikhu sudah hampir menjadi angenda rutin mengunjungi daerah banjir di Kota Bekasi.


 Daerahnya ya itu itu juga,” kata Herkos, panggilan akrab Heri Koswara.


“Artinya begitu sering mereka terendam. Setiap turun hujan terendam. Setiap di Bogor turun hujan mereka terendam.” Katanya lagi. Ini menurut Herkos seperti tidak ada solusi yang komprehensip. Padahal semestinya semua pemangku kepentingan dan pihak yang berkaitan langsung sudah bisa mengatasinya. Karena kejadiannya selalu berulang.


Saya sependapat dengan Dr. Sony mengenai perlunya penegakan hukum. Terhadap perusahaan yang melanggar, developer, industry dan sebagainya, memang harus dilakukan penegakan hukum. Tidak pandang bulu atau tebang pilih.


Disinilah perlu adanyanya komitmen kuat dari seorang pemimpin. “Saya sering katakan, Dewan melahirkan aturan, perda dll. Tapi pelaksananya di tangan pemerintah,” kata Herkos.


Karena itu, PKS sudah mengambil sikap tegas bersama rakyat Kota Bekasi, bahwa pada kesempatan yang akan datang, PKS berusaha merebut kursi walikota Bekasi. Agar PKS bisa melayani lebih baik lagi. 


Dengan kepercayaan masyarakat yang sudah cukup besar, sebagai partai peraih suara terbesar di Kota Bekasi, wajar jika PKS berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih maksimal untuk warga Kota Bekasi. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini