HUT Ciamis ke 380, ORARI Gelar Event SES 8A380CMS untuk Kenalkan Wisata Lokal

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis-  Guna menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380 Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan special call dalam bentuk Special Event Station (SES) dengan Callsign 8A380CMS pada 2 Meter Band Frekwensi VHF 145.560 MHz dengan jangkauan area 1 dan area 2.


Acara dibuka dan diresmikan oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra -YD1PTR, Jumat (10/06/2022) di Sekertariat ORARI Lokal (Orlok) Kabupaten Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No. 87 Ciamis.


“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya mengucapkan terimakasih kepada ORARI yang sudah berperan aktif ikut memeriahkan Hari Jadi Ciamis ke-380 yang menggelar Special Event Station (SES) dengan Callsign khusus 8A380CMS. Dengan kegiatan SES 8A380CMS ORARI dapat memperkenalan destinasi wisata Kabupaten Ciamis ke tingkat nasional dan internasional,"ucapnya.


Dirinya menyebut, ada yang berbeda dihari jadi Ciamis ke-380 ini. Pelaksanaan hari jadi tahun ini lebih melibatkan masyarakat. Ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu kegiatan pokok dan kegiatan penunjang.


Dengan begitu lanjut Yana, seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis memiliki rasa kepedulian dan kecintaan  akan Ciamis semakin meningkat. Karena masih banyak masyarakat yang tidak tahu kapan hari lahir Kabupaten Ciamis. 


Yana menjelaskan, ada banyak ormas atau kelompok masyarakat yang ingin terlibat dalam kegiatan hari jadi ke-380 ini, tapi karena terlalu banyak sehingga Pemkab Ciamis belum bisa mengakomodir semuanya, 


"Alhamdulillah ORARI bisa terakomodir, mudah-mudahan kedepanya semuanya bisa terakomodir," ucapnya. 


ORARI Lokal Ciamis, kata Yana, banyak membantu pemerintah daerah terutama sosialisasi kebencana alam dan kegiatan sosial lainnya, juga atas sumbangsih tenaga dan pikiran yang diberikan ORARI kepada Ciamis. 


"Semoga kemitraan yang sudah terjalin ini bisa lebih ditingkatkan. Karena bagaimanapun juga kami tidak bisa berjalan sendiri, kami butuh dukungan dari seluruh kelompok dan elemen masyarakat lainnya. Jika semua bekerjasama maka apa yang menjadi visi misi Kabupaten Ciamis akan tercapai. Dengan kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan perekonomian melalui promosi destinasi wisata yang dilakukan ORARI," jelasnya.


Sementara itu Ketua ORARI Lokal (Orlok) Kabupaten Ciamis, Budi Lukmansyah -YB1BBT mengatakan, acara SES 8A380CMS tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380.  


Menurut Budi, tujuan kegiatan SES tersebut adalah untuk mengenalkan destinasi wisata Kabupaten Ciamis ke dunia internasional melalui komunikasi radio amatir sebagai bentuk rasa Bhakti Pertiwi pada Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.


"Kegiatan SES ini digelar untuk yang keduakalinya dan sudah menjadi agenda tahunan ORARI Lokal Kabupaten Ciamis setiap Hari Jadi Ciamis. Kegiatan akan digelar mulai tanggal 10 - 12 Juni 2022 dengan tema latar e-sertifikat salah satu destinasi unggulan yaitu Situ Lengkong Panjalu," ungkapnya.


Menurutnya, dalam kegiatan ini setiap anggota ORARI yang berada didalam dan diluar negeri bisa menghubungi club station YH1AH dalam SES 8A380CMS yang bekerja pada band VHF 2 Meter di frekuwensi 145.560 MHz, band HF 80 Meter (3,8..) dan band HF 40 Meter (7,1..).


"Setiap anggota ORARI yang menghubungi SES 8A380CMS berhak atas e-setifkat yang bisa didownload di website Orlok Kabupaten Ciamis dengan alamat www.orlokciamis.com. Sertifikat SES ini sangat dinantikan oleh anggota ORARI," pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini