|
Menu Close Menu

Petilasan Dalem Sampulur 1 Butuh Penataan Menjadi Objek Wisata Budaya

Sabtu, 14 Maret 2020 | 03.32 WIB

inijabar.com, Ciamis- Petilasan Dalem Sampulur 1 yang terletak di Dusun Karang Luhur Desa Maparah, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis di waktu-waktu tertentu selalu ramai dikunjungi orang yang ingin berziarah (tawasul) sekaligus ingin mengetahui sejarah Kerajaan Panjalu.
Kuncen Petilasan Dalem Sampulur 1 Uwa Dodo ((70) berbaju biru, dan mang Aboy yang akan menjadi penerus uwa Dodo.
Yang datang ke lokasi tersebut tidak hanya warga Ciamis tapi dari daerah lain seperti Jakarta, Bekasi, Cirebon, Cianjur, Bandung dan bahkan dari luar pulau jawa seperti dari wilayah Sumatera.

Menurut kuncen lokasi petilasan ini, Uwa Dodo (70) yang merupakan anak dari kuncen sebelum nya yakni Alm. Suhandi, bahwa tempat ini ramai  setiap malam Senin, Rabu dan malam Jumat atau tiap kliwon ramai orang bertawasul di makam Eyang Dalem Lembu Sampulur Hiji.

"Eyang Dalem Lembu Sampulur Hiji merupakan ayahnya Prabu Cakra Dewa Cipanjalu merupakan Raja dari Kerajaan Cipanjalu,"tutur Uwa Dodo pada inijabar.com. Jumat (13/3/2020).

Selain ada makam, di lokasi ini terdapat juga ada seperti sebuah sumur airnya bersih yang di bawahnya banyak batu-batu bersejarah. 

"Sebetulnya kalau Pemerintah Ciamis menata lokasi ini menjadi objek wisata budaya akan lebih bagus lagi,"harap uwa Dodo. (edo)
Bagikan:

Komentar

<---PASANG IKLAN--->