BPBD Ciamis Lakukan Pendataan Korban Pergeseran Tanah di Desa Talagasari inijabar.com
|
Menu Close Menu

BPBD Ciamis Lakukan Pendataan Korban Pergeseran Tanah di Desa Talagasari

Jumat, 08 Januari 2021 | 14.40 WIB





inijabar.com, Ciamis-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sigap akan bencana yang terjadi di Kabupaten Ciamis. Salah satu, bencana yang terjadi saat ini yaitu pergeseran tanah yang ada di Kecamatan Kawali. 


Pemerintah Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, telah melayangkan surat ke BPBD Ciamis, terkait dengan bencana pergeseran tanah yang terjadi sejak jum'at (01/01/21), pukul 17.00 WIB. Dusun Sukamaju, RT 21, RT 22, RW 10, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 


Akibat dari bencana pergeseran tanah tersebut, satu unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, 16 unit rumah rusak ringan. Ada tujuh unit rumah, satu mesjid dan jalan 1km yang terancam. Jum'at, (08/01/21). 


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis, Dadang Darmawan mengatakan, untuk bencana di wilayah panawangan ada lima rumah rusak berat, dan 27 KK yang terdampak. Pihaknya, akan terus mengadakan pendataan tentang warga yang terdampak bencana tersebut. 


"Kami telah berkoordinasi dengan pihak geologi untuk memastikan tentang wilayah Panawangan dan Kawali. Hari ini, anggota kami sedang ke lokasi," ungkapnya. 


Dadang menambahkan, pihaknya terus mengadakan pantauan karena hari ini ada lagi. Karena, kerusakan saat ini bertambah, bangunan mesjid dan jalan sejauh 1 Km. 


"Kami menghimbau kepada masyarakat, supaya berhati-hati dan siaga karena bencana itu tidak tahu  kapan akan terjadi, makanya kami terus menghimbau masyarakat harus siaga," pungkasnya.(edo)

Bagikan:

Komentar