Asep Arwin Kostara Sebut Jabar Siap Swasembada Beras, Asalkan Lakukan 4 Hal Ini inijabar.com
|
Menu Close Menu

Asep Arwin Kostara Sebut Jabar Siap Swasembada Beras, Asalkan Lakukan 4 Hal Ini

Senin, 23 Mei 2022 | 15.59 WIB




Inijabar.com, Kota Bandung - Anggota Komisi IV Provinsi Jawa Barat, Asep Arwin Kostara menegaskan, bahwa Provinsi Jawa Barat siap swasembada pangan, maka ada sejumlah hal yang harus dilakukan.


Hal tersebut diungkapkan dirinya usai finalisasi Ranperda RT/RW Provinsi Jawa Barat Pansus VI RT/RW dimana pembahasan ini dibahas sekitar 5 bulan lamanya.


"Pembahasannya sangat alot dengan dinas terkait, khususnya dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) terkait Lahan Pertanian Pangan, Berkelanjutan (LP2B), Lahan Baku Sawah (LBS) dan Luas Sawah Dilindungi (LSD)," tuturnya, Senin (23/5/2022).


Dijelaskannya, berdasarkan data yang diserahkan 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, LP2B Jabar seluas 729.577 hektare, hingga 20 tahun kedepan LP2B naik sebesar 30 persen LSD.


Dengan begitu, ada 4 hal yang harus dilakukan agar swasembada pangan beras bisa terwujud, diantaranya keberpihakan atau perhatian Pemerintah kepada para petani, harga produksi petani yang terkontrol, teknologi baik saat penanaman, pemupukan termasuk jenis pupuk maupun pasca panen dan etos kerja yang tinggi dari para petani bisa terwujud apabila para petani mendapatkan penghasilan yang cukup untuk kehidupannya.


"Semoga, hingga 20 tahun kedepan, khususnya Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi yang swasembada pangan," tukasnya.

Bagikan:

Komentar