Tim Jabar Bergerak Buatkan 1 Unit MCK Umum di Sukamulya Kota Tasikmalaya inijabar.com
|
Menu Close Menu

Tim Jabar Bergerak Buatkan 1 Unit MCK Umum di Sukamulya Kota Tasikmalaya

Rabu, 18 Mei 2022 | 17.08 WIB




inijabar.com, Kota Tasikmalaya- Guna memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat, Tim Jabar bergerak hibahkan 1 unit MCK umum tersertifikasi kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan total anggaran sebesar Rp93 juta.


"Anggaran Rp93 juta tersebut bersumber dari CSR salah satu perusahaan,"kata Ketua Jabar Bergerak Kota Tasikmalaya, Diani Safarina kepada ini.jabar.com. Rabu (18/5/2022).


"Kami atas nama Jabar Bergerak dan juga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang mewakili warga masyarakat khususnya Kelurahan Sukamulya mengucapkan terimakasih kepada Jabar Bergerak Pusat yang telah menghibahkan MCK,"sambungnya.


Keberadaan MCK umum di lahan milik daerah, kata dia, sebagai percontohan ini tentu bakal memberikan dampak dan prilaku baik bagi warga masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar.


"Diharapkan dengan adanya MCK ini, kami tidak mau melihat atau ada orang yang suka buang air sembarangan, karena itu menjadi suatau prilaku yang kurang baik bagi kesehatan lingkunga,"ujarnya.


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Tedy Setiadi menyebutkan, hibah MCK ini sebuah prestasi bagi tim Jabar Bergerak.


Senada dikatakan, Staf Khusus Gubernur Jawa Barat dr.Siska Gerpianti, kolaborasi pembangunan MCK umum Jabar bergerak dengan salah satu perusahaan, total semuanya di Jawa Barat ada 8 titik termasuk di Lapang Sepak Bola Aboh Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.


"Pembangunan MCK ini semuanya ada 5 pintu lengkap dengan sumur bor, Septick Tank komunal yang memang layak secara kesehatan,"ucapnya usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan MCK.


Siska menyebut, alasan kenapa menghibahkan MCK pertama angka ODF di Jabar masih belum mencapai target. Sementara kita sekarang ini kita selalu bantu urusan vaksin, pengobatan, dan lainnya. Kemudian kami berpikir yang jarang tersentuh itu kesehatan lingkungan.


"Kesehatan lingkungan mulai jamban sehat, air bersih. Dengan adanya MCK ini diharapkan menjadi kebermanfaatan bagi masyarakat sehingga bisa meningkatkan angka ODF. Untuk perawatan akan dilakukan selam 3 tahun oleh pihak Hermina yang kolaborasi dengan Jabar Bergerak.(aaf)

Bagikan:

Komentar