Kerjanya Melelahkan, 2 Petugas KPPS di Tasik Wafat

Redaktur author photo
Petugas KPPS di sebuah TPS sempatkan diri tidur ketika rehat menjalankan tugasnya.

inijabar.com, Kabupaten Tasikmalaya- Berat dan melelahkan tugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) tak jarang jadi tempat makian dan tudingan jika ada kekeliruan atau kesalahan.

Bekerja dari pagi hingga ketemu pagi dituntut tetap fokus dan teliti sesuai regulasi yang diatur dalam PKPU. Sehingga lelah fisik dan pikiran perlu stamina yang tinggi. Jika tidak nyawa pun bisa jadi taruhannya.

Seperti yang dialami dua orang petugas KPPS di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang meninggal dunia ketika proses perhitugan suara Pemilu 2024. Korban yang meninggal dunia yakni petugas KPPS dan Sekretaris PPS.

Menyikapi kejadian duka tersebut Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Ami Imron Tamami menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. 

"Kami KPU Kabupaten Tasikmalaya berduka. Anggota KPPS TPS 1 Cipondok (Arman Ramansyah) wafat saat bertugas," katanya dilansir detikJabar Kamis (15/2/2024).

Identitas korban meninggal dunia itu yakni Arman Ramansyah, anggota KPPS TPS 1 Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik, serta Sekretaris PPS Desa Sukamaju, Kecamatan Pageur Ageung bernama Fuad Kholik.

Ami kemudian menjelaskan awalnya Arman mengeluh sesak nafas saat perhitungan suara sekitar Magrib. Saat itu Arman sudah diingatkan untuk beristirahat.

"Almarhum pamit lagi sama ibunya, karena tanggung perhitungan suara akan beres sekitar pukul 23.00 WIB. Almarhum sempat makan dulu, lalu balik ke TPS. Nah pas di TPS almarhum pingsan, dibawa ke rumah makin kritis lalu dibawa ke Puskesmas namun nyawanya tidak tertolong," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ternyata Arman memiliki riwayat penyakit lambung. Sedangkan Fuad Kholik meninggal karena mendapat serangan jantung.

"Satu lagi yang wafat sekretaris PPS Sukamaju. Beliau sempat dirawat karena jantung," kata Ami.

Proses perhitungan surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tasikmalaya masih terus dilakukan sampai Kamis pagi (15/2/2024). Petugas KPPS diimbau tetap memperhatikan kondisi fisik. "Jika lelah segera istirahat jangan paksakan diri," kata Ami.

Proses perhitungan surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tasikmalaya masih terus dilakukan sampai Kamis pagi (15/2/2024). Petugas KPPS diimbau tetap memperhatikan kondisi fisik. "Jika lelah segera istirahat jangan paksakan diri,"tandasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini