Ketua BPD Mulyajaya Ingatkan Perangkat Desa Tuk Jaga Netralitas di Pilkades 2021

Redaktur author photo





inijabar.com, Karawang- Ketua BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Mulyajaya kecamatan Teluk Jambe Dopi Milyarto menyatakan  mendekati  pelaksanaan Pilkades 2021, khususnya terkait surat edaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang yang dikeluarkan pada tanggal 06 Januari 2021 lalu, No141.1/09/Pemdes Tentang Netralitas perangkat desa dan Anggota BPD dalam pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Karawang Tahun 2021. 


Hal tersebut bertujuan agar tidak merugikan para calon kepala desa, baik petahana ataupun calon desa yang bukan petahana.


Surat edaran tersebut berisikan bahwa perangkat desa tidak membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri, anggota keluarga, pihak lain dan/atau golongan tertenu. Tidak ikut serta dalam kegiatan kampanye pemilihan kepala desa.


Juga tidak menggunakan fasilitas pemerintah desa, tempat ibadah dan sarana umum lainnya dalam kampanye kepala desa.


Sedangkan untuk anggota BPD, Tidak merugikan kepentingan umum, meresahkan sekelompok masyarakat desa dan mendiskriminasikan warga atau golongan masyarakat desa. 


Serta tidak ikut serta dalam kegiatan kampanye pemilihan kepala desa. Tidak mengizinkan penggunaan fasilitas pemerintah desa, tempat ibadah dan sarana umum lainnya dalam kampanye pemilihan kepala desa.


Dopi menegaskan, BPD Desa Mulyajaya akan bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkades desa Mulyajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang.


"Saya menghimbau kepada seluruh perangkat desa agar bersikap netral, tidak ikut serta kedalam politik praktis di Pilkades ini, tidak memanfaatkan fasilitas desa ataupun program program desa yang dapat menguntungkan salah satu calon," tegas Dolpi.


Dopi menambahkan, pada Pilkades di Desa Mulyajaya terdapat dua calon kepala desa, salah satunya calon petahana, ini akan menjadi head to head yang sangat ketat. Dirinya sering terjun ke warga desa Mulyajaya untuk mensosialisasikan pelaksanaan pilkades, serta menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas. 


"Jangan terpancing oleh isu- isu atau berita hoax yang bisa memperkeruh suasana, agar bisa terciptanya pilkades yang jujur adil aman dan damai. Masyarakat Desa Mulyajaya harus menjadi pemilih yang cerdas, pilihlah calon kepala desa sesuai hati nurani, semoga pilkades ini dapat menghasilkan pemimpin yang baik, adil, bijaksana juga dapat memajukan desa Mulyajaya dan dapat mensejahterakan semua masyarakat mulya jaya,"tutupnya.(pik)

Share:
Komentar

Berita Terkini