Gegara Kalimat 'Maneh' ke Ridwan Kamil, Guru di Cirebon Ini Dipecat Dari Sekolahnya

Redaktur author photo

 



inijabar.com, Kuningan- Gubernur Jawa Barat menanggapi dingin cuitan seorang guru asal Cirebon bernama Muhammad Sabil Fadilah, guru asal Cirebon, Jawa Barat, yang akhirnya dipecat oleh dua sekolah tempat dia mengajar.


Hal itu terjadi usai Sabil menyampaikan kritik di salah satu unggahan akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, @ridwankamil.


Pria yang akrab disapa Kang Emil mengaku tidak tahu menahu. Dirinya juga mengatakan, tidak melakukan apa pun terhadap Sabil. 


"Saya tidak melakukan apa-apa ya. Mungkin ada yang melaporkan atau gimana. Pada  dasarnya kritik mah boleh-boleh aja. Saya kan selalu menjawab, kalau mengkritik boleh, kalau tidak sopan ya harus sopan, gitu aja. Bahwa sekolahnya melakukan sebuah tindakan, kan di luar kewenangan saya,"ucapnya di Kuningan, Rabu (15/3/2023).

[cut]



Terkait alasan komentar Sabil di-pin atau disematkan di bagian paling atas profil IG, Ridwan Kamil menyebut hal itu untuk mengedukasi.


 "Oh gini, Kang, kalau saya nge-pin, itu saya sedang mengedukasi kepada orang-orang yang kadang komennya enggak pakai fakta. Saya klarifikasi, sebenarnya itu,"tuturnya.


"Jadi pertanyaan, saya tanya ke akang, kita mengizinkan enggak orang berbicara kasar? Kan enggak. Nanti ditiru, makanya diedukasi,"sambungnya.


Terkait kata 'maneh' yang digunakan Sabil dalam menyampaikan pertanyaan, Ridwan Kamil jelaskan soal Undak Usuk Bahasa Sunda.


 Lalu, Emil menganalogikan seorang anak kepada orangtua yang menggunakan kata 'maneh'.

[cut]


"Kalau orang berbahasa Sunda, itu ada namanya Undak Usuk. Anda bayangkan, Anda bicara begitu (kata Maneh) ke ibu kandung, sopan enggak?"tanyanya.


Sekedar diketahui, Sabil berkomentar dalam unggahan terbaru Ridwan Kamil yang memberi apresiasi siswa di Tasikmalaya karena patungan membeli sepatu untuk teman sekelasnya, Selasa (14/3/2023).


"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???? ("Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur atau kader partai atau pribadi)" tulis Sabil. 


Komentar Sabil lalu dibalas Ridwan Kamil. "@sabilfadhillah ceuk maneh kumaha (menurut kamu gimana)?" jawab Ridwan Kamil.

[cut]


Sabil menyebut Ridwan Kamil mengirmkan pesan ke salah satu sekolah tempat dia mengajar. Sabil juga menyebut Ridwan Kamil memerintahkan kantor cabang dinas (KCD) untuk menghubungi kepala sekolah dan mencabut Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari tempat dia mengajar.


"Lalu RK nge-DM IG sekolah aku untuk ngasih peringatan ke aku. Tidak hanya itu, RK ngasih perintah ke kepala KCD, lalu kepala KCD menghubungi kepsek aku untuk melepaskan/mencabut data Dapodik guru aku dari sekolah,"tandasnya.(*)





Share:
Komentar

Berita Terkini