dr Hadyan Bilang Untuk Hindari Hepatitis Akut Masyarakat dengan Budayakan PHBS

Redaktur author photo




Inijabar.com, Kota Bekasi - Sebagai upaya menghindari terjangkitnya penyakit hepatitis akut, masyarakat diminta membudayakan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lingkungan tempat tinggalnya atau pun saat melakukan aktivitas diluar ruangan.


Komisioner KPAD Bekasi, dr. Hadyan Rahmat menuturkan, terkait hepatitis akut tersebut, masyarakat harus memahami dahulu seperti apa jenis penyakit yang menyerang atau datang secara tiba-tiba.


"Harus dipahami dulu pengertiannya akutnya. Karena biasanya yang berkaitan dengan akut merupakan virus," terangnya via sambungan telepon, Senin (30/5/2022).


Sambung Hadyan, untuk itu dirinya menegaskan, apa yang sudah menjadi kebiasaan selama pandemi mulai dari mencuci tangan dan sebagainya, harus terus dibudayakan untuk menghindari penyakit hepatitis akut tersebut.


"Kita kan sudah dididik dan membiasakan diri selama pandemi untuk melakukan apa saja, nah, saat ini kebiasaan itu atau PHBS-nya jangan ditinggalin, kalau perlu ditingkatkan," terangnya.


Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar mulai membiasakan membawa sendok atau pun garpu sendiri jika makan di rumah makan atau sejenisnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika mereka merasaka khawatir akan tertular.


"Kalau pun merasa khawatir, alangkah baiknya membawa peralatan makan sendiri, seperti sendok atau pun garpu," imbaunya.


Hadyan juga mengingatkan kepada para orang tua agar lebih selektif dalam memberikan jajan kepada buah hatinya, agar penyakit hepatitis akut ini bisa sejak dini dihindari dan memprioritaskan untuk memberikan makanan sayur-sayuran dan buah-buahan.


"Kepada orang tua, saya juga mengimbau agar lebih selektif dalam memberikan jajanan kepada buah hatinya, alangkah bijaknya mereka dibiasakan makan buah dan sayur yang memiliki nilai asupan vitamin di dalamnya," pungkasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini