Ogah Acara nya Diliput Wartawan, Camat Baregbeg Ancam Lapor Polisi

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Sikap tak bersahabat terhadap awak media diperlihatkan Camat Baregbeg Hj.Sarifah yang melarang wartawan untuk meliput kegiatan sosialisasi Indeks Desa Mandiri (IDM) yang di gelar di Ruang Rapat Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, pada Rabu (25/5/2022).


Bahkan Hj.Sarifah mengancam akan melaporkan wartawan yang meliput acara yang bertujuan untuk meningkatkan status dari desa maju menjadi desa mandiri


"Kegiatan sosialisasi untuk peningkatkan desa mandiri ini merupakan kegiatan internal dan tidak boleh diliput oleh media,"tegasnya.


"Jika media tetap ingin meliput kegiatan ini, maka saya punya hak untuk melaporkan dan menuntut wartawan ke jalur hukum,"ancamnya.


Sikap Camat Baregbeg tersebut langsung mendapat kecaman dari sejumlah organisasi kewartawanan.


Plt. Ketua IWO Jabar, Robi Taufiq Akbar menyesalkan sikap Hj.Sarifah dengan menyebut sebagai sikap arogan pejabat wilayah.


"Seharusnya sebagai pejabat publik tidak boleh menghalangi peliputan. Apalagi kegiatan yang akan diliputnya terkait yang positif. Mungkin, Camat Baregbeg tidak mengetahui konteks wartawan yang akan meliput," ujar Robi 


Dikatakan Robi, pihaknya sudah mengkonfirmasi pada rekan jurnalis atau wartawan yang hendak melakukan peliputan kegiatan sosialisasi IDM tersebut di Ciamis.


"Tidak ada persoalan awalnya, hanya saja saat itu Camat langsung mengeluarkan ancaman larangan meliput, jika terus meliput akan menuntut ke jalur hukum,"ungkapnya.


"Perlu diketahui, wartawan atau jurnalis dalam peliputan dilindungi oleh UU No 40 tahun 1999 Tentang PERS, jelas ada aturannya tidak ilegal. Justru jurnalis atau wartawan merupakan pilar ke empat di Indonesia,"tuturnya.


Kalau memang menuntut secara hukum, kata Robi, silahkan saja lakukan. Namun, harus jelas apa yang akan dibawa ke ranah hukumnya, kecuali dalam peliputan tersebut ada unsur pidana atau melakukan pemerasan.


"Saya meminta pada Bupati Ciamis, untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Camat Baregbeg dan mencabut jabatan sebagai Camat," tegas Robi


Senada dikatakan Ketua DPW IPJI Jabar, ketua IPJI kabupaten Ciamis minta Bupati Ciamis Herdiat copot jabatan camat yang halangi tugas wartawan.


"Bupati harus copot camat Baregbeg yang tak paham kerja-kerja jurnalistik dan terlebih main ancam-ancam,"tandasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini