Wabup Ciamis Sebut Situ Rancabala Sudah Cocok Jadi Objek Wisata

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula) di Desa Cimari Kecamatan Cikoneng, Sabtu (28/5/2022). 


Bekula merupakan salah satu kebiasaan atau tradisi masyarakat Desa Cimari dengan turun langsung ke situ secara bersama-sama untuk menangkap ikan dalam rangka milangkala Desa yang ke-90. 


Yana dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam membangun objek wisata terdapat 5 aspek penting yang harus diperhatikan. 


Yana mengatakan, aspek pertama yang harus diperhatikan adalah daya tarik dari tempat wisata tersebut. 


"Saya melihat Situ Rancabala ini menarik dan memiliki daya jual sehingga sudah pantas dijadikan salah satu objek wisata,"ucapnya. 


Selanjutnya disampaikan Wabup, aspek yang ke dua untuk membangun tujuan wisata adalah keterjangkauan akses jalan dan ketiga adanya fasilitas pendukung. 


"Dengan adanya satu objek wisata tentunya harus ada fasilitas penunjangnya seperti warung-warung, Cafe dan lain sebagainya yang tidak bisa dipisahkan dari tempat wisata itu sendiri,"terang Yana. 


Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelembagaan yang jelas dan aspek yang terakhir adalah adanya dukungan dari seluruh warga masyarakat. 


"Kelembagaan disini dalam artian pengelolaanya harus jelas dan harus profesional baik itu oleh Desa maupun oleh Bumdes,"ungkapya. 


Menurutnya, tidak cukup hanya sekedar keinginan masyarakatnya tetapi harus dibangun juga kultur wisata dimasyarakat agar wisatawan yang datang bisa merasa aman dan nyaman. 


Terakhir Wabup mengucapkan selamat hari jadi untuk Desa Cimari yang ke 90, Ia berharap Desa Cimari semakin maju dan masyarakatnya sejahtera. 


Sementara itu, Kepala Desa Cimari Riky Aryana mengatakan, acara tersebut terselenggara atas kerjasama seluruh pihak baik pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, pokdarwis dan seluruh masyarakat. 


"Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur kami dihari jadi yang ke 90, mudah-mudahan acara bedol kuluwung Situ Rancabala bisa dilaksanakan secara terus menerus dan menjadi agenda tahunan Desa Cimari,"ucapnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini