Bupati Sebut Seni Tradisional Ciamis Layak Go Internasional

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menghadiri acara pentas kesenian tradisional dalam rangka hari jadi Ciamis ke -380 bertempat di Gedung Kesenian Ciamis pada Rabu malam, (29/6/2022). 


Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis dengan menampilkan kesenian tradisional yang mengkolaborasikan Kolotik, Angklung dan Marching Band. 


Dalam sambutannya, Herdiat mengaku bangga dan sangat mengapresiasi seni tradisional Ciamis yang begitu luar biasa. Ia menyebutkan seni tradisional Ciamis sudah layak untuk go International. 


"Kita mempunyai potensi seni tradisional yang luar biasa, tidak kalah dengan negara-negara lain, dan sudah layak untuk go international," ucap Bupati Ciamis. 


Apalagi dikatakan Bupati bahwa alat musik tradisional Kolotik sudah memiliki hak paten. 


"Kolotik ini kita punya hak paten, mari kita nusantarakan alat musik ini agar semua orang dapat mengenalnya sehingga akan lebih maju dan berkembang," ungkapnya.


Bupati Herdiat pun berharap kedepan ada sekolah-sekolah yang berbasis budaya galuh untuk melestarikan dan mengembangkan budaya khas tatar galuh Ciamis. 


"Pemerintah siap mendukung dan mendorong jika ada sekolah yang berbasis kebudayaan di Kabupaten Ciamis," ujarnya. 


Terakhir Bupati Ciamis mengucapkan terimakasih kepada para seniman dan Budayawan Ciamis yang senantiasa konsisten melestarikan seni dan budaya-budaya tradisional. 


"Intinya malam hari ini saya bangga, mudah-mudahan kita semua para budayawan, seniman dan seluruh masyarakat dapat bersama-sama memajukan budaya yang kita miliki,"ucapnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini