Jadi Youtuber Bikin Dedi Mulyadi Calon Gubernur Jabar Terkuat di 2024?

Redaktur author photo


Anggota DPR RI Dedi Mulyadi


inijabar.com, Jakarta- Jika Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil tidak diusung sebagai calon presiden di 2024. Masih ada peluang besar untuk maju lagi menjadi gubernur  Jabar 2 prriode.


Charta Politika Indonesia pernah melansir hasil survey nya di bulan Maret 2022, elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 44 persen.

 

Perolehan elektabilitas Ridwan Kamil terpaut jauh dibandingkan tokoh-tokoh lainnya yang berpeluang maju sebagai cagub dalam Pilgub Jabar. 


Di urutan kedua yang memeiliki elektabiltas tinggi untuk menjadi Gubernur Jabar 2024 ternyata bukan pasangan Ridwan Kamil yakni Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Namun nama anggota DPR RI Dedi Mulyadi yang juga saat ini sudah menjadi youtuber dengan 20.8 persen.


Sementara itu,Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Justru hasil survey nya sangat kecil untuk seorang patahana yang hanya 1.2 persen. Ternyata ekpose di media sosial dan media massa Uu yang gencar tidak otomatis menaikan elektabilitas nya.


Tokoh-tokoh lainnya memperoleh elektabilitas yang sangat jauh dibandingkan kedua tokoh tersebut, yakni di bawah 5%. Dedi Mizwar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 4,8% dan Bima Arya Sugiarto di posisi selanjutnya dengan elektabilitas 4%.

 

Kemudian, ada nama Dede Yusuf dengan perolehan elektabilitas 1,8%, Cellica Nurachadiana 1,7%, dan Uu Ruzhanul Ulum juga Ono Surono 1,2%. Selebihnya, ada Desy Ratnasari 0,8%, Rieke Dyah Pitaloka 0,4%, Nasrudin Azis 0,3% dan Haru Suandaru 0,3%.


Sebagai informasi, Charta Polotika melakukan survei pada 3-9 Februari 2022 melalui wawancara tatap muka. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel di Jawa Barat sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sekitar 2,83%.



Seandainya Ridwan Kamil lolos sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Tentu Dedi Mulyadi tokoh yang punya potensi kuat sebagai calon Gubernur Jawa Barat.


Pasangan yang bisa disandingkan dengan nya seperti Dedi Mulyadi-Dedi Mizwar, Dedi Mulyadi-Desi Ratnasari, Dedi Mulyadi- Rieke Diah Pitaloka.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini