BPBD Kab. Sukabumi Bantu 22 Orang Korban Gempabumi Mengungsi di Rumah Kerabatnya

Redaktur author photo


inijabar.com, Kabupaten Sukabumi- Sebanyak 829 orang korban gempa bumi, 22 diantaranya dibantu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kerugian materil tercatat 30 unit rumah rusak berat, 74 unit rumah rusak sedang, 435 unit rumah rusak ringan, dan 1 unit tempat ibadah terdampak.

Atas kejadian gempa bumi Sukabumi ini, Bupati Bogor menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi, Tanah Longsor dan Angin Kencang dengan Nomor 300.2/32/Kep TD/BPBD selama 16 hari TMT 12 Desember - 27 Desember 2023.

Sementara itu, tercatat ada sekitar 463 warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat memilih mengungsi pascagempa M4,6 Sukabumi yang terjadi pada Kamis 14 Desember 2023 lalu. 

Hal ini mereka lakukan karena khawatir akan adanya gempa susulan yang masih dirasakan hingga Sabtu 16 Desember 2023 malam.

Menurut Komandan Kompi TRC BPBD Kabupaten Bogor, Hayat Danki, hingga Sabtu malam, sebanyak 228 jiwa mengungsi di lokasi pengungsian Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan dan 235 jiwa di lokasi pengungsian Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Lokasi pengungsian tersebar di beberapa titik dekat pemukiman warga.

Hayat menjelaskan, lokasi pengungsian aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari warga akan kembali ke rumah dan beraktivitas harian.

"Pengungsian masih ada karena warga tiap malam masih khawatir. Tadi malam saja masih ada gempa susulan M2,1", jelas Hayat dalam keterangan tertulis yang dikutip dari BNPB, Minggu (17/12/2023).

Selain mendirikan tenda pengungsian, BPBD Kabupaten Bogor bersama dengan pihak terkait dan relawan membuka dapur umum untuk warga terdampak gempabumi M4,6 Sukabumi. 

Terdapat dua titik dapur umum antara lain di kecamatan Pamijahan dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor, serta dapur umum di Kecamatan Leuwiliang dikelola mandiri oleh masyarakat.

BPBD Kabupaten Bogor juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas setempat bersiaga di lokasi pengungsian jika ada warga yang membutuhkan bantuan kesehatan.

"Hingga hari ini cuaca di wilayah pengungsian terpantau cerah, jadi kondisi di tenda masih aman untuk para pengungsi, belum ada keluhan kesehatan dari warga", imbuhnya.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat, kerugian materil berdasarkan data terkini per hari ini, Minggu 17 Desember 2023 pukul 11.00 WIB dampak gempa bumi M4,6 Sukabumi di Kabupaten Bogor antara lain 18 unit rumah rusak berat, 114 unit rumah rusak sedang, 444 unit rumah rusak ringan, 7 unit mushola dan 1 unit sekolah TK terdampak.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini