Bagi Caleg Gagal di Ciamis, RSUD Kawali Siapkan Layanan Depresi

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis- Bagi caleg di Ciamis yang gagal di Pemilu 2024, Jangan khawatir, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali Ciamis  mempersiapkan untuk mengantisipasi masalah kesehatan mental.

Direktur RSUD Kawali drg. Evie Triyanti, menegaskan, kesiapan RSUD Kawali meliputi tenaga kesehatan, sarana dan prasarana. 

Untuk tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis kedokteran jiwa, dokter umum, tenaga keperawatan dan tenaga kesehatan lainnya. 

Sedangkan sarana yang disiapkan juga yakni pelayanan IGD (Instalasi Gawat Darurat), ruang poli rawat jalan, ruang psikoterapi dan ruang rawat inap beserta komponen pendukungnya masing-masing.

Evie juga menyatakan, layanan kesehatan jiwa di RSUD kawali bersifat komprehensif melayani pasien neurotik maupun pasien psikotik. 

"Pasien neurotik meliputi pasien cemas (anxietas), Depresi, gangguan tidur, somatisasi dll, sedangkan pasien psikotik meliputi psikotik akut, skizofrenia dll,"ujarnya. Sabtu (6/1/2024).

Pemilihan umum bisa menjadi stresor bagi para kontestan (caleg) yang ikut serta dalam event tersebut.

Tidak menutup kemungkinan muncul masalah kejiwaan atau bahkan gangguan jiwa pada kontestan yang gagal dalam event politik tersebut.

Gejala yang muncul bisa dari gejala yang ringan sampai gejala gangguan jiwa berat.

Evie  menjelaskan, RSUD Kawali sudah menyiapkan psikiatik dan poli pelayanan kesehatan jiwa bagi para caleg yang depresi.

“Untuk persiapan psikiatrik di RSUD Kawali, sudah kami siapkan poli pelayanan kesehatan jiwa atau klinik walagri, untuk pelayanan rawat jalan, dan juga rawat inap bagi pasien-pasien atau penanganan keluhan penyakit-penyakit psikiatri seperti psikosomatik, depresi gangguan kecemasan atau dan lain-lain,” Jelasnya.

Dia menyebut, sudah ada tempat tidur untuk pelayanan rawat inap yang sudah dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

“Kami sudah menyiapkan yang mana didalamnya sudah termasuk tempat tidur untuk pelayanan rawat inap, sudah di pisahkan antara laki-laki dan perempuan serta penanganan pasien yang akut dan juga kronis oleh dokter spesialis psikiatrinya yang ada di RSUD Kawali ini,”terangnya.

“Sudah disiapkan. Dikhawatirkan nanti pasca pemilihan caleg di Ciamis ada yang gagal sehingga mengalami depresi, kita sudah mempersiapkan layanan rawat jalan dan juga rawat inap,”katanya.

Evie menambahkan, sarana dan prasarana sudah lengkap, dan akan terus menambah jumlah sarana prasarana sehingga pelayanan yang diberikan lengkap.

“Mudah-mudahan nanti sehat semua tidak ada yang sampai sakit atau depresi, tapi kita juga antisipasi supaya terlayani kita juga sudah mempersiapkan untuk rawat jalan dan rawat inap khususnya di RSUD Kawali layanan untuk kesehatan jiwa,”ujar Evie.

Dirinya juga menjelaskan, untuk pelayanan psikiatri Rawat Jalan di RSUD Kawali bisa berlaku untuk pasien umum ataupun pasien yang mempunyai BPJS, sedangkan untuk Rawat Inap sedang dalam proses kerjasama dengan BPJS, sehingga dalam waktu dekat seluruh pengunjung atau pasien yang memiliki BPJS juga dapat mengakses layanan kesehatan Jiwa di RSUD Kawali baik Rawat Jalan maupun Rawat Inap.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini