Pj Bupati Kagum Nilai-nilai Kearifan Lokal di Keraton Sumedang Larang

Redaktur author photo
Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat mengunjungi Keraton Sumedang Larang

inijabar.com, Sumedang- Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengaku kagum terhadap nilai-nilai kearifan lokal  di Keraton Sumedang Larang. Demikian dikatakan dia saat bersilaturahmi ke Keraton Sumedang Larang (KSL), Senin 22 April 2024.

Kedatangan Pj Bupati disambut Radya Anom KSL Lucky Djauhari Soemawilaga beserta jajaran di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang.

Yudia mengaku bangga bahwa Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda menjadikan nilai-nilai kearifan lokal sebagai landasan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Ternyata terdapat nilai filosofi yang sangat dalam budaya Sumedang, terutama filosofi dari Mahkota Binokasih," ujarnya.

Menurutnya, jika nilai nilai kearifan lokal benar-benar diterapkan, maka ujungnya adalah akan terwujud kesejahteraan di Kabupaten Sumedang.

"Apa yang disampaikan oleh pihak keraton sangat luar biasa, ternyata filosofi dari Binokasih mengandung nilai kasih sayang sebagai inti yang bisa diterapkan dalam aspek sosial dan penyelenggaraan pemerintahan. Ujungnya akan melahirkan kesejahteraan karena adil makmur dan merata,"ucap Yudia.

Dia juga mengungkapkan, maksud kedatangannya ke Keraton Sumedang Larang adalah untuk memperkenalkan diri bahwa dirinya ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati Sumedang.

Sebagai Pj Bupati yang ditunjuk Mendagri untuk melanjutkan penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini dilakukan agar pemerintahan tidak kosong.

"Saya sengaja bersilaturahmi dengan pihak keraton untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan Pemda Sumedang dalam penyelenggaraan pemerintahan," ucap Yudia.

Ppihaknya berharap dengan KSL dapat bersama-sama bahu-membahu membangun Sumedang.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini